Toyota Siap Produksi SUV Listrik Baru Berplatform e-TNGA

Toyota Siap Produksi SUV Listrik Baru Berplatform e-TNGA
Teaser SUV listrik merek Toyota berplatform TNGA , dalam rupa siluet yang disajikan Toyota Motor Eropa - dok.Istimewa

Tokyo, Motoris – Toyota Motor Corporation (Toyota), Senin (7/12/2020) mengumumkan akan memperkenalkan SUV listrik baterai (BEV) baru ber-platform e-Toyota New Global Architecture (e-TNGA). SUV bersumber tenaga dari setrum ini disebut berukuran sedang (medium).

Seperti dilaporkan laman resmi Global Toyota Newsroom, Senin (7/12/2020), pabrikan menegaskan model berbasis e-TNGA pertama itu telah dikembangkan dan sedang disiapkan untuk diproduksi di pabrik ZEV Toyota di Jepang. Namun, untuk rincian spesifikasi mobil itu baru akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang

“Dengan desain yang smart, platform baru ini sangat serbaguna. Pendekatan ini memungkinkan adanya variasi dalam lebar, panjang, jarak sumbu roda, hingga tinggi kendaraan,” bunyi pernyataan pabrikan.

Belum ada informasi soal sistem penggerak rodanya, Meski, Toyota secara tersirat menyebut mobil itu bisa saja berpenggerak dua roda depan atau roda belakang. Bahkan berpenggerak empat roda. Ada berbagai kapasitas baterai dan motor listrik yang ditawarkan sebagai pilihan, sesuai kebutuhan konsumen.

Ilustrasi, beberapa konsep mobil listrik Toyota – dok.Toyota

“Keserbagunaan dan fleksibilitas teknologi e-TNGA memungkinkan kami merancang dan membuat kendaraan bertenaga listrik baterai yang mumpuni, tetapi juga menarik untuk dikendarai dan indah untuk dilihat,” ungkap Deputy Chief Officer ZEV Factory Toyota Motor Corporation, Koji Toyoshima.

Dia menegaskan, Toyota telah mengambil langkah cepat dalam peluncuran portofolio mobil litrik berbasis baterai (BEV). Sebelumnya, di April lalu, Toyota melalui merek mewahnya – Lexus – telah meluncurkan sekaligus mulai menjual SUV listrik (BEV) Lexus UX300e di Eropa dan Cina.

SUV itu pertama kali diperkenalkan di hajatan Guangzhou Auto Expo 2019, pada Novemver 2019. Mobil yang diluncurkan di Indonesia 25 November dan hari berikutnya di Thailand itu, mulai dijual di Jepang pada awal 2021 nanti. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This