Alibaba Mulai Jualan Mobil Online

Alibaba Mulai Jualan Mobil Online

Beijing, Motoris – Raksasa E-Commerce asal China, Alibaba mulai merambah pasar otomotif via jualan onlie di China. Tahap awal, perusahaan milik Jack Ma ini menggandeng Ford Motors Company, dilansir Reuters, Rabu (6/12/2017). Ford akan memanfaatkan pusat perbelanjaan di dunia maya, Tmall milik Alibaba, guna menjual mobil di China.

Berdasarkan sumber yang mengetahui rencana itu, Chief Executive Ford Jim Hackett dan Komisaris Bill Ford Junior berencana melancong ke Hangzhou, untuk menandatangai kesepakatan ini. Ford dikabarkan semangat dengan kesepakatan ini, sekaligus mendorong pembelian mobil via onlie yang mulai tumbuh di beberapa wilayah China yang lagi berkembang.

Jadi via transaksi online, Ford hanya tinggal fokus menyiapkan jaringan ritel di beberapa lokasi. Mobil yang dikirim ke konsumen nantinya akan dilayani, baik perawatan dan perbaikan menggunakan jaringan tersebut.

Nantinya, Tmall akan menciptakan konsep aplikasi berjuluk, Automotive Vending Machine” yang tentu saja menjual mobil dan sarana pendukungnya via online. Jadi calon konsumen yang mau beli mobil, cukup mengunduh aplikasi ini diponsel, dan memilih mobil mana yang mau dites (test drive) atau langsung beli. Setelah transaksi, mobil akan langsung dikirim ke alamat pemesan.

Baca juga: Sukses Raup Rp 22T, G0-Jek Cari Duit Lagi di Pasar Modal

Konsep transaksi ini memang relatif lebih simpel ketimbang cara konvensional. Tetapi, menurut Yale Zhang, dari Konsultan Otomotif foresight di Shanghai, mengatakan konsep ini akan mencederai bisnis diler tradisional yang sudah ada.

“Penjualan online  dan langsung seperti ini masih kecil, ini satu hal. Tetapi, kalau format ini terus bertambah, dipastikan akan berdampak pada diler. Inovasi pada ritel memang bagus, tetapi secara alamiah akan melukai dan tidak bisa membuat semua pihak bahagia,” kata Zhang. (sna)

CATEGORIES
TAGS
Share This