Hyundai Indonesia Bakal Jual Crossover Kona

Hyundai Indonesia Bakal Jual Crossover Kona
Hyundai Carscoops

Jakarta, Motoris – Hyundai Indonesia berniat menjual crossover kompak Kona, yang belum lama ini dipamerkan di LA Auto Show. Di Indonesia, Kona tak ayal lagi bakal bersaing keras dengan Honda BR-V dan HR-V, Suzuki SX-4 S Cross, Nissan Juke atau calon penggantinya Kicks, sekaligus Rush-Terios anyar.

“Kami mau memasarkan Kona. Tapi, saat ini, standar emisi Kona sudah Euro 5, sedangkan Indonesia Euro 2 dan baru mau masuk Euro 4 pada 2018. Jadi, kita tunggu saja bagaimana realisasinya,” ujar Mukiat Sutikno, presiden direktur PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) di Jakarta, kemarin.

Dia memprediksi standar emisi Euro 4 berlaku akhir 2018. Jika itu terjadi, HMI tak akan ragu memasukkan Kona ke Indonesia. Itu artinya, Kona kemungkinan baru dijual pada 2019.

Mukiat mengakui, Hyundai bisa kehilangan momentum booming pasar crossover di Indonesia, dengan menunda peluncuran Kona. Mukiat memprediksi kontribusi segmen sport utility vehicle (SUV) B alias low SUV (LSUV) tempat mobil-mobil crossover kompak bernaung bakal melompat menjadi berkisar 12-13% tahun depan dari saat ini 10%, seiring meluncurnya duet maut Toyota All New Rush dan Daihatsu All New Terios.

Baca juga: Daihatsu Terlalu Demen Jualan Aksesori

Hyundai Kona. (www.caradvice.com)

“Tapi jangan khawatir, kami akan melepas tiga model baru tahun depan. Perinciannya, satu model benar-benar baru, sedangkan sisanya penyegaran alias facelift,” kata Mukiat tanpa mau menyebutkan nama-namanya.

Kiprah Hyundai di Indonesia memang tak terlalu gemilang. Per Oktober 2017, penjualan Hyundai hanya 1.057 unit, tertinggal jauh dari pabrikan-pabrikan mobil Jepang, yang saat ini menguasai 98,3% pasar mobil Indonesia.

Kembali ke Kona, mobil ini memiliki desain yang sangat ekspresif seperti Toyota C-HR dan Nissan Kicks. Ini terlihat pada grille depan yang besar dengan logo Hyundai di tengah, DRL sipit, headlamp LED yang dikelilingi perisai berwarna krom doff. Dari samping, aura SUV terpancar dari penggunaan fender yang tersambung dengan side skirt hingga ke belakang. Lekukan garis tegas dari samping ke belakang makin menambah gahar mobil ini. Tersedia juga roof rail khas SUV.

Bahasa desain buritan nyaris sama dengan depan. Kona sudah menggunakan lampu rem LED. Masuk ke interior, head unit Kona untuk pasar AS sudah layar sentuh 7 inci untuk versi biasa dan 8 inci untuk Ultimate.

Kona dibekali empat mesin, yakni bensin 1 liter turbo bertenaga 118 Hp, 1,6 liter turbo 175 Hp, dan 2 liter NA 147 Hp, dan diesel 1,6 liter, yang disalurkan ke roda depan dan all wheel drive. Di AS, hanya ada pilihan mesin 1,6 liter turbo dan 2 liter NA, transmisi otomatis, masing-masing tujuh dan enam percepatan.  Di AS, Kona terdiri atas empat varian dan dijual mulai dari US$ 20 ribu atau sekitar Rp 260 juta . (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This