Inilah Potret Penjualan Ritel Avanza dan Xenia hingga November

Inilah Potret Penjualan Ritel Avanza dan Xenia hingga November
Toyota Avanza versi terbaru - dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Pasar mobil keluarga serbaguna (MPV) merupakan ceruk pasar yang terbesar di pasar mobil Indonesia. Jika dilihat porsi segmentasi kelasnya dari MPV entry level alias LCGC, low MPV, medium MPV, high MPV hingga premium MPV, segmen kelas low MPV masih yang terbesar.

Pada segmen pasar low MPV, hingga bulan November kemarin, penjualan unit ke konsumen masih didominasi oleh Toyota Avanza. Data yang dikutip dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di rentang Januari sampai dengan November, penjualan ritel Avanza sebanyak 35.558 unit.

Jumlah itu dibukukan Avanza pada Januari sebanyak 6.293 unit, Februari 5.807 unit, Maret 3.897 unit, April 1.897 unit, Mei 1.296 unit, dan Juni sebanyak 2.248 unit. Kemudian di bulan Juli sebanyak 3.003 unit, Agustus 2.231 unit, September 2.691 unit, Oktober 2.694 unit, dan November sebanyak 3.499 unit.

Daihatsu Xenia model terbaru – dok.Istimewa

Total jumlah penjualan ke konsumen Avanza itu jauh di atas total jenderal penjualan ritel kembarannya, Daihatsu Xenia. Fakta menunjukkan, sepanjang sebelas bulan pertama tahun ini total penjualan ritel Xenia hanya 8.608 unit.

Seperti diungkap Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin (14/12/2020), total penjualan ritel Xenia yang sebanyak itu setara dengan 9% dari total penjualan merek Daihatsu. Jumlah penjualan merek ini di Januari hingga November tercatat sebanyak 90.833 unit.(Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This