Usung Sederet Ubahan, Tahun Depan Yamaha MT-09 Anyar Meluncur di Thailand
Yamaha MT-09 versi terbaru dikabarkan meluncr di Thailand pada Januari 2021 nanti - dok.Istimewa via GreatBiker

Usung Sederet Ubahan, Tahun Depan Yamaha MT-09 Anyar Meluncur di Thailand

Bangkok, Motoris – Setelah resmi dipasarkan di Eropa, kini Yamaha MT-09 versi terbaru dikabarkan bakal me,uncur di Thailand pada tahun depan atau tahun 2021, meski kapan tepatnya jadwal peluncuran itu belum disebutkan. Versi paling gres ini diklaim menyuguhkan serederet ubahan.

Seperti dilaporkan laman GreatBiker dan Siam Autonews, belum lama ini, ubahan yang dilakukan Yamaha pada motor sport naked antara lain memperbesar isi silinder atau kapasitas mesin dari dari 847 ccc menjadi 889 cc. Walhasil, semburan tenaga juga naik dari 115 PS menjadi 119 PS dan torsi terkerek dari 87,5 Nm pada 8.500 rpm menjadi 93 Nm pada 7.000 rpm.

Seiring dengan meningkatnya torsi itu, rasio roda gigi bertambah 1 dan 2, sehingga fitur quick shifter juga disesuaikan. Begitu pun dengan kopling slipper yang dirancang ulang.

Tampilan bagian belakang Yamaha MT-09 terbaru – dok.Istimewa via GreatBiker

Ubahan lainnya adalah bobot yang lebih ringan, desain yang direvisi, hingga beberapa fitur yang ditingkatkan. Struktur bodinya didesain ulang dengan mengadopsi konsep gaya deltox, bukan diamond lagi.

Sementara, selain bobotnya dipangkas 1,7 kilogram, mesin tiga silinder yang disandangnya juga mendapatkan peningkatan pada sistem asupan bahan bakar dengan menggunakan injektor model baru. Knalpot, camshafts dan crankshafts-nya juga baru.

Dengan serangkaian ubahan tersebut, bobot motor ini secara keseluruh mennyusut 2,3 kilogram, sehingga menjadi 189 kilogram. Mengimbangi ubahan itu pula, Yamaha memberinya tampilan baru pada layar TFT yang ada motor tersebut.

Tampilan depan Yamaha MT-09 versi anyar yang segera meluncur di Thailand – dok.Istimewa via GreatBiker

Selain itu ada fitur tiga mode berkendara, mode IMU 6 sumbu seperti yang digunakan Yamaha YZF-R1, pelindung roda, pengontrol Traksi, pengontrol anti-geser, wheelie kontrol dan lainnya, termasuk pengontrol sistem ABS. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This