Tak Diproduksi Lagi? Ini Rekam Jejak Penjualan Ritel DFSK Glory 580 di RI

Tak Diproduksi Lagi? Ini Rekam Jejak Penjualan Ritel DFSK Glory 580 di RI
SUV DFSK Glory 580 - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – PT Sokonindo Automobile yang merupakan agen pemegang merek Dongfeng Sokon (DFSK) di Indonesia dalam beberapa hari terakhir disebut-sebut tidak memproduksi lagi SUV DFSK Glory 580. Kabar ini menyeruak setelah data resmi yang ada menunjukkan, proses produksi SUV itu hanya terjadi hingga bulan Mei lalu, selebihnya hingga November nihil alias tidak ada unit yang dibuat.

“Iya (tidak diproduksi lagi). Kami sekarang fokus produksi ambulans dengan basis pikap (Supercab), dan model-model lainnya,” ujar CO-CEO PT Sokonindo Automobile, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Hanya, Alex tak menyebutkan secara gamblang apakah langkah penghentian produksi ini bersifat sementara saja mengingat kondisi pasar yang tengah menurun akibat terpaan pandemi Covid-19, ataukah seterusnya. Tetapi yang pasti, data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan proses produksi SUV yang diluncurkan di Indonesia pertama kali pada pertengahan tahun 2018 itu, sampai Mei hanya dipoduksi sebanyak 193 unit.

DFSK Glory 580 diperkenalkan di GIIAS 2018 – dok.Motoris

Rinciannya, Januari sebanyak 57 unit, Februari 126 unit, Maret 3 unit, April nihil, dan Mei 7 unit. Artinya, di April mobil ini tidak diproduksi, meski di bulan berikutnya ada yang dibuat meski hanya 7 unit.

Sedangkan penjualan ke konsumen (ritel) mobil ini di rentang Januari hingga November tahun ini – yang seperti terungkap di data yang sama – ambrol cukup dalam dibanding penjualan yang dibukukan pada periode sama tahun lalu. Selama 11 bulan pertama tahun ini, DFSK Glory 580 terjual ke konsumen sebanyak 147 unit, sedangkan tahun lalu masih sebanyak 524 unit.

Total penjualan ritel di tahun ini berasal dari penjualan selama bulan Januari yang sebanyak 36 unit, Februari 30 unit, Maret 19 unit, April11 unit, Mei 1 unit. Selain itu dari penjualan di bulan Juni sebanyak 12 unit, Juli 15 unit, Agustus 11 unit, September 3 unit, Oktober 4 unit, dan November 5 unit.

Salah satu varian DFSK Glory 580 – dok.Motoris

Adapun total penjualan ritel selama sebelas bulan pertama tahun 2019 dihasilkan dari penjualan selama Januari sebanyak 45 unit, Februari 37 unit, Maret 33 unit, April 47 unit, Mei 75 unit, dan Juni 42 unit. Kemudian dari penjualan selama Juli yang sebanyak 45 unit, Agustus 53 unit, September 51 unit, Oktober 40 unit, dan November yang sebanyak 56 unit. (Dra/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This