Yamaha NMAX Mencakar Duluan, Sebelum PCX Meluncur

Yamaha NMAX Mencakar Duluan, Sebelum PCX Meluncur

Bogor, Motoris – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menunjukan agresivitasnya sebagai pemimpin pasar segmen skutik 150cc di Tanah Air. Setelah sebelumnya menyegarkan tampilan Aerox 155, kini Yamaha meluncurkan facelift NMAX dengan ubahan kekinian yang tak dimiliki penantang utama, Honda PCX.

PT Astra Honda Motor (AHM) baru berencana memperkenalkan generasi terbaru PCX 150 di Jakarta, awal pekan depan. Sebelum ini terjadi, Yamaha seolah menyiapkan barikade berlapis guna membendung euforia PCX yang nantinya berstatus rakitan lokal dari sebelumnya diimpor utuh alias compeletely built up (CBU) dari Vietnam.

Kini, Yamaha meluncurkan NMAX model 2018 di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Sabtu (9/12/2017). Ubahannya relatif enggak banyak, tapi cukup esensial buat menunjukkan siapa jawara di segmen ini, lewat beberapa fitur unggulan.

Ada empat ubahan utama yang ditawarkan NMAX facelift edisi 2018, yakni panel meter LCD yang sudah full digital, desain jok dengan kofigurasi desain baru, sok belakang dengan tabung, dan pelek kelir emas (warna hitam dan abu-abu). Yamaha juga menghadirkan warna baru, yakni biru laut untuk skutik maxi andalannya ini mulai tahun depan.

Baca juga: Honda PCX Punya Tiga Pilihan Teknologi untuk Indonesia

Yamaha NMAX Hitam kini dengan kelir emas. (YIMM)

Peta Persaingan

Menarik, dengan peluncuran NMAX facelift, maka Yamaha mau menggarisbawahi kalau beberapa fitur unggulan, seperti  sok tabung, rem cakram belakang, dan ABS jadi kekuatan utama. Sedangkan, Honda telah menyiapkan PCX dengan beberapa bekalan teknologi kekinian, mulai dari mild hybrid sampai full electric (electric vehicle/EV).

Mengacu data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), periode Januari -Oktober 2017, Yamaha NMAX memang mendominasi segmen skutik 150cc, dengan hasil penjualan 222.248 unit. Sedangkan Honda PCX, hanya 4.844 unit. NMAX praktis menguasai segmen ini, memakan jatah kue hingga 97,87%, sedangkan Honda PCX 2,13%.

YIMM mengklaim, total populasi NMAX di Indonesia sudah lebih dari 560.000 unit dan diekspor ke mancanegara hingga 140.000 unit.

Tetapi, boleh jadi salah satu faktor utama kekalahan Honda di segmen ini adalah harga yang terpaut jauh dengan Yamaha, hingga Rp 10 jutaan. Persaingan ke depan bakal lebih seru, karena Honda PCX akan diproduksi lokal, sehingga banderol tidak akan terpaut jauh antara keduanya.

Yamaha NMAX facelift kini ditawarkan dengan banderol lebih mahal Rp 600.000. Yamaha menawarkan NMAX mulai Rp 26,3 juta dan varian ABS Rp 30,2 juta, on the road Jakarta. (sna)

Yamaha NMAX kelir putih masih jadi favorit konsumen. (YIMM)

CATEGORIES
TAGS
Share This