Honda HR-V Anyar Meluncur Maret Nanti? Begini Penjualan Ritel Versi Kini di RI

Honda HR-V Anyar Meluncur Maret Nanti? Begini Penjualan Ritel Versi Kini di RI
SUV kompak dengan bodi berbalut sticker yang diduga sebagai Honda HR-V versi terbaru, tengah diuji jalan di Jepang - dok.Istimewa via Wapcar.my

Jakarta, Motoris – Honda Motor di Jepang pada awal Oktober 2020 waktu lalu kedapatan tengah menguji jalan sebuah SUV kompak – dengan selutuh tubuh yang dibalut sticker – dan diduga sebagai Honda Vezel (di luar Jepang dikenal sebagai Honda HT-V) versi terbaru. Sumber terpercaya di pabrikan itu menyebut, Honda HR-V paling gres alias terbaru itu bakal diluncurkan pada Maret 2021 nanti.

Seperti dilaporkan Nippon News dan Wapcar.my, belum lama ini, sebuah kamera Honda LaneWatch dan gagang pintu tersembunyi telah memperuat indikasi bahwa sosok tersebut merupakan Honda HR-V baru. Bahkan sejumlah pakar pembuat gambar render digital pun berani memastikannya, dan memunculkan karya mereka di jagat maya dengan menggunakan basis foto-foto hasil jepretan fotografer mata-mata, saat mobil itu diuji jalan.

Namun, untuk powertrain masih belum bisa dipastikan karena belum ada informasi, pun hanya secuil. Meski sumber di Honda mengisyaratkan – untuk pasar Negeri Sakura – itu versi hybrid dengan teknologi hybrid i-MMD dua motor listrik yang canggih bakal hadir di jajaran varian Honda HR-V anyar tersebut.

Mobil ini selain di Jepang juga dipasarkan di sejumlah negara, termasuk Indonesia. Honda HR-V di Tanah Air menjadi pemimpin di pasar segmennya.

Bentuk tubuh bagian belakang Honda Vezel atau Honda HR-V versi terbaru yang tengah dites jalan di Jepang beberapa waktu lalu – dok.Istimewa via Wapcar.my

Meski di sepanjang tahun 2020 kemarin, penjualannya ke konsumen (ritel) dalam rentang waktu Januari hingga November ambles sangat dalam dibanding penjualan ritel selaa kurun waktu yang sama tahun 2019. Kondisi ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19, sehingga menjadikan pasar mobil loyo menjadi salah satu alasannya.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di periode sebelas bulan pertama 2020 itu Honda HR-V laku terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 10.494 unit. Jumlah penjualan ini anjlok sangat dalam, karena berkurang 12.925 unit dibanding penjualan selama periode sama tahun 2019.

Total penjualan ritel di Januari hingga November 2020 dibukukan dari penjualan selama Januari yang sebanyak 2.329 unit, Februari 1.894 unit, Maret 1.730 unit, April 228 unit, Mei 127 unit, dan Juni sebanyak 285 unit. Kemudian dari penjualan selama Juli sebanyak 544 unit, Agustus 751 unit, September 773 unit, Oktober 812 unit, dan November 1.021 unit.

Ilustrasi, Honda HR-V yang dijual di Indonesia – dok.PT Honda Prospect Motor

Adapun selama sebelas bulan pertama tahun 2019, total penjualan ritel SUV ini masih sebanyak 23.419 unit. Jumlah itu merupakan akumulasi dari penjualan Januari yang sebanyak 2.401 unit, Februari 3.116 unit, Maret 2.626 unit, April 1.797 unit, Mei 1.754 unit, Juni 1.381 unit, Juli 1.959 unit, Agustus 2.091 unit, September 1.929 unit, Oktober 2.096 unit, dan November yang sebanyak 2.269 unit. (Die/Ara)

 

CATEGORIES
TAGS
Share This