Ungguli Ayla, Begini Jejak Penjualan Ritel Agya di 11 Bulan Pertama

Ungguli Ayla, Begini Jejak Penjualan Ritel Agya di 11 Bulan Pertama
Toyota New Agya 1.2 TRD - dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu, penjualan mobil Toyota ke konsumen (ritel) – tidak termasuk merek Lexus – di Indonesia diklaim menguasai 31,9% pangsa pasar dari total penjualan ritel seluruh merek yang diperirakan di angka 560.000-an unit. Sementara di rentang Januari – November tahun itu, total penjualan ritel yang dibukukan mencapai 159.450 unit.

Catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dihimpun Motoris menunjukkan, ada lima model yang menyumbang penjualan terbanyak bagi mobil yang dipasarkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) itu. Mereka adalah Toyota Avanza yang sebanyak 35.558 unit, Rush yang terjual 29.988 unit, Innova yang terlego 26.385 unit, Calya 25.461 unit, dan Agya yang laku 12.011 unit.

Mesin Toyota New Agya – dok.Motoris

Meski hanya menyumbang 7,5% terhadap total penjualan Toyota, namun cukup lumayan. Bahkan, di kurun waktu sebelas bulan pertama tersebut, Agya juga terjual (ritel) lebih banyak dibanding saudara kembarnya, Daihatsu Ayla.

Data yang dirilis PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu menunjukkan, di periode tersebut penjualan ritel Ayla sebanyak 11.587 unit. Jumlah ini sama dengan 13% dari total penjualan ritel merek tersebut yang sebanyak 90.823 unit.

Adapun penjualan ritel Agya yang sebanyak 12.011 unit itu berasal dari penjualan di bulan Januari yang sebanyak 1.507 unit, Februari 1.322 unit, Maret 1.169 unit, April 756 unit, Mei 724 unit, dan Juni 984 unit.

Toyota New Agya 1.2 TRD A/T – dok.Motoris

Kemudian dari penjualan bulan Juli yang sebanyak 851 unit, Agustus 989 unit, September 1.189 unit, Oktober 1.134 unit, dan dari bulan November yang sebanyak 1.386 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This