Sepanjang 2020, di Cina Mobil Elektrifikasi Laku 1,37 Juta Unit

Mobil listrik Xpeng P7 buatan Xpeng Motors yang dipamerkan di hajatan Guangzhou Motor Show 2019 lalu – dok.InsideEVs.com

Beijing, Motoris – Penjualan mobil ramah lingkungan atau elektrikasi alias yang berbau-bau sumber tenaga listrik – mulai dari hybrid (HEV), Plugpin Hybrid (PHEV, Battery Electric (BEV), hingga sel hidrogen (PCEV) – di Republik Rakyat Cina (Cina) sepanjang tahun lalu naik 10,9%. Totalnya mencapai 1,37 juta unit.

Laporan penelitian Citic Securities yang dilansir Xinhua, Senin (18/1/2021) menunjukkan salah satu pemicu penjualan mobil ramah ingkungan itu adalah, kebijakan pemerintah yang mendorong agar masyarakat beralih ke kendaraan tersebut.

Seperti diketahui, pemerintah negeri dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia (1,4 miliar jiwa lebih) itu, mematok target tahun 2025 penjualan mobil elektrifikasi harus mencapai 20%.

Kemudian, pada tahun 2035, semua kendaraan umum harus menggunakan armada bersumber tenaga dari listrik. Walhasil, penggunaan kendaraan bersumber tenaga dari setrum itu dari waktu ke waktu akan merambat naik.

Mobil listrik buatan pabrikan asal Cina Geely Automobile, Geometry C – dok.China Car News

“Tahun 2021 ini penjualan mobil penumpang di negara itu (Cina) diprediksi naik 15% dari tahun lalu,” bunyi keterangan Citic Securities seperti dilaporkan The People News.

Laporan itu juga memperkirakan, kehadiran varian model baru kendaraan elektrifikasi yang akan diluncurkan bakal memicu kenaikan penjualan jenis itu hingga 54%. Walhasil, total penjualan kendaraan elektrfikasi di Cina hingga akhir tahun 2021, diprediksi mencapai 2,1 juta unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This