Metacycle Sondors, Motor Listrik Minimalis Estetis Berbanderol Rp 70 Jutaan

Metacycle Sondors, sepeda motor listrik bergaya minimalis buatan pabrikan asal Los Angeles, Amrika Serikat – dok.Istimewa

California, Motoris – Pabrikan motor listrik Sondors pada Senin (4/1/2021) lalu resmi memperkenalkan sepeda motor sport bersumber tenaga listrik Metacycle Sondors, dan mulai Senin (18/1/2021) resmi dijual. Motor dengan gaya rancang bangun dan desain minimalis – tetapi sarat dengan nilai estetis tinggi – ini dibanderol US$ 5.000 atau sekitar Rp 70,423 juta (kurs US$1 = Rp 14.084,55).

Seperti dilaporkan laman CNET, Designboom, dan Los Angeles Times, Senin (18/1/2021), pabrikan asal Los Angeles, Amerika Serikat, itu menggunakan serat karbon kualitas nomor wahid untuk bagian bodi motor tersebut. Sondors membekalinya dengan sebuah motor listrik yang berbaterai 4.000 watt-hour.

Semburan tenaga motor listrik itu diklaim mencapai 11 hp dengan torsi 108 Nm hingga 20 hp dengan 271 Nm. Jika daya baterai terisi penuh, motor sanggup menempuh jarak hingga 129 kilometer.

Spion Metacycle Sondors yang dibuat dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran yang proporsional, semakin menamah estetis tampilan – dok.Istimewa via Jalopnik

Sedangkan laju kecepatan tertinggi mencapai 130 kilometer per jam. Gaya desainnya sangat menrik, dengan rangka dan swingarm dari bahan alumunium yang keras dan kuat.

Penggunaan bahan tersebut menjadi bobot motor ini cukup ringan, yakni hanya 91 kilogram. Sondors, Untuk pengecasan daya baterainya juga cukup mudah.

Baterainya yang dapat dilepas hanya butuh waktu sekitar empat jam untuk pengisian daya hingga penuh. “Stasiun pengisian daya umum juga dapat mengisi daya baterai motor ini lebih cepat,” bunyi pernyataan Sondors tanpa merinci waktu pengisian dan jenis standar pengisian yang digunakan.

Motor ini dilengakpi instrumen cluster yang berlayar berwarna. Teknologi digital yang diadopsinya memudahkan pengendara mendapatkan berbagai informasi terkait dengan kondisi daya baterai, kecepatan yang dicapai, jarak tempuh yang telah dijalani, hingga waktu atau jam.

Tampilan instrumen cluster Metacycle Sondors – dok.Istimewa via Hypebeast

Bagian lain yang menarik dari motor ini adalah tempat penyimpanan barang-barang pengendara. Begitu pula dengan colokan pengisian daya telepon seluler yang berada di depan jok dan ditutup dengan penutup transparan. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This