Lima Mobil Toyota yang Paling Banyak Diburu Konsumen di 2020

Toyota Avanza – dok.Istimewa

Jakarta, Motoris – Sepanjang tahun 2020 lalu Toyota Indonesia mencatatkan penjualan ke konsumen (ritel) sebanyak 182.665 unit. Jumlah itu setara dengan 31% dari total penjualan ritel mobil di Indonesia yang sebanyak 578.327 unit.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan ada lima model mobil yang menjadi penyokong utama penjualan mobil yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) tersebut.

Mereka menjadi mobil-mobil terlaris merek ini – dan bahkan menjadi yang terlaris di segmen pasanya secara nasional – selama tahun 2020.

Kelimanya adalah, Toyota Avanza yang terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 40.728 unit atau 22.3% dari total penjualan Toyota. Mobil ini juga sekaligus menjadi mobil terlaris di segmen Low MPV.

Toyota Kijang New Innova Venturer facelift – dok.Istimewa

Keudian Toyota Rush yang terjual sebanyak 34.528 unit, dengan kontribusi ke penjualan merek sebesar 18,9%. Low SUV ini juga menjadi yang terlaris di segmen pasarnya.

Ketiga, MPV medium Toyota Kijang Innova yang laku 29.952 unit atau menyumbang 16,4% terhadap penjualan Toyota. Mobil ini juga tercatat menguasai 94% pangsa pasar di segmennya.

Keempat Toyota Calya yang terjual sebanyak 28.960 unit atau 15,9% dan Toyota Agya yang mencatatkan penjualan ritel sebanyak 14.028 unit, dengan kontribusi 7,7%.

Toyota Calya terbaru – dok.Istimewa

“Dan kalau kita lihat dari model-model Toyota yang terjual di sepanjang 2020 itu, terbanyak dibukukan oleh model-model seven seater (tujuh kursi penumpang,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (19/1/2021).

Sedangkan dilihat dari jenis mobil, selama tahun 2020 itu yang paling banyak dibeli konsumen adalah model MPV masih menjadi kontributor penjualan terbanyak. Totalnya 105.274 unit atau 57,6% dari total penjualan merek ini.

Toyota New Agya 1.2 TRD – dok.Motoris

Sementara, SUV menjadi penyumbang penjualan terbanyak kedua dengan total 47.995 unit atau 26,8%. Di segmen SUV itu, penjualan Rush setara dengan 71,9% dari total penualan seluruh SUV Toyota. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This