Low SUV Terlaris di 2020, Toyota Rush Masih Teratas

Toyota All New Rush -dok.Auto2000

Jakarta, Motoris – Meski pasar mobil di Indonesia – secara menyeluruh- sepanjang tahun 2020 kemarin lunglai akibat ekonomi nasional yang terdampak wabah virus corona (pandemi Covid-19), namun pertarungan di segmen Low SUV semakin sengit. Pangsa atau ceruk pasar segmen pun meningkat.

Seperti terlihat di data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) total penjualan mobil ke konsumen (ritel) di Indonesia sepanjang 2020 lalu tercatat sebanyak 578.327 unit, anjlok 45% dari tahun sebelumnya. Sedangkan penjualan unit ke diler (wholesales) hanya 532.027 unit, atau rontok 48,3% dibanding tahun 2019, yang sebanyak 1.030.126 unit.

“Penjualan terbanyak masih model MPV. Tetapi, segmen SUV tumbuh, khususnya Low SUV yang (pangsa pasarnya) naik dari 11% tahun sebelumnya menjadi 15% pada tahun ini. Karena beberapa APM (agen pemegang merek) yang meluncurkan model Low SUV atau ada yang menyebutnya sebagai small SUV di tahun 2020 itu (antara lain Mitsubishi Motors dengan Xpander Cross dan PT Suzuki Indomobil Sales dengan Suzuki XL7),” ujar Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto yang dihubungi di Jakarta, Senin (18/1/2021).

All New Daihatsu Terios – dok.Istimewa

Pernyataan tersebut diamini Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. “Karena, SUV itu sejak beberapa tahun terakhir menjadi tren di global, termasuk di Indonesia,” ujar Anton yang dihubungi di Jakarta, Sealasa (19/1/2020

Data dari Gaikindo juga menunjukkan, di sepanjang tahun 2020 itu, Low SUV Toyota Rush masih berada di daftar Low SUV terlaris di Tanah Air baik penjualan ke diler (wholesales) maupun langsung ke konsumen (ritel). Dalam daftar wholesales, Toyota Rush berada di posisi teratas dengan total 29.361 unit.

Posisi kedua ditempati Daihatsu Terios yang terjual 12.362 unit, dan urutan ketiga ada Mitsubishi Xpander Cross yang terjual 11.569 unit. Kemudian di posisi berikutnya, ada Suzuki XL7 dengan penjualan 9.827 unit, Honda BR-V yang laku 1.468 unit, dan DFSK Glory 560 yang terlego 297 unit.

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Motoris

Penjualan ritel juga terlaris
Sedangkan di daftar penjualan ke konsumen (ritel), Rush juga menempati posisi pertama alias terlaris. Total penjualannya 34.528 unit. “Toyota Rush ini tercatat sebagai kontributor penjualan terbanyak di segmen SUV Toyota. Dengan ritail sales sebanyak 34.528 unit atau 71,9% dari segmen SUV Toyota,” papar Anton.

Total penjualan ritel Rush itu merupakan hasil koleksi dari penjualan di sepanjang januari yang sebanyak 5.118 unit, Februari 4.079 unit, Maret 3.311 unit, April 1.549 unit, Mei 1.264 unit, Juni 2.274 unit, dan dari Juli sebanyak 1.910 unit.

Suzuki XL7 – dok.PT SIS

Kemudian dari penjualan selama Agutus yang sebanyak 2.133 unit, September 2.455 unit, Oktober 2.490 unit, November 3.405 unit, dan Desember 4.540 unit.

Jumlah penjualan ritel yang dikantongi Rush sepanjang 2020 itu juga jauh di atas penjualan yang dibukukan Daihatsu Terios, yang sebanyak 14.493 unit.

Honda BR-V yang dipasarkan di Indonesia – dok.Motoris

Dan jauh meninggalkan Suzuki XL7 yang sebanyak 8.542 unit, Honda BR-V yang laku 2.289 unit, dan DFSK (yang hingga November) terlego 477 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This