Meski Pabrik Tutup, 1.069 Mobil Datsun Masih Terjual ke Konsumen RI

Datsun GO+ Live Special Version – dok.Motoris

Jakarta, Motoris – Pabrikan asal Jepang- Nissan Motor Company Ltd – secara resmi menyatakan telah menutup pabriknya yang berada di Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia pada awal tahun 2020. Pabrik tersebut, sebelumnya memproduksi mobil Datsun dan Nissan Livina.

Dalam keterangan resmi yang dirilis 29 Mei 2020, Chief Executive Officer Nissan, Makoto Uchida, menegaskan kebijakan penutupan pabrik itu merupakan bagian dari restrukturisasi bisnis Nissan secara global. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan dan stabilitas keuangan, setelah sebelunya goyah.

“Kami sekarang akan berkonsentrasi pada kompetensi inti kami dan meningkatkan kualitas bisnis kami, sambil mempertahankan disiplin keuangan dan fokus pada pendapatan bersih per unit untuk mencapai profitabilitas. Ini bertepatan dengan pemulihan budaya yang didefinisikan oleh Nissan-ness untuk era baru,” kata Uchida.

Ilustrasi, diler Nissan – Datsun Bintaro, Tangerang Selatan – dok.Motoris

Namun, meski pabrik telah ditup, namun penjualan mobil Datsun masih berlangsung. Bahkan penjualan unit ke konsumen alias penjualan ritel masih terus berlangsung hingga akhir tahun 2020.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan ritel Datsun sepanjang tahun 2020 mencapai 1.069 unit. Jumlah itu dikumpulkan PT Nissan Motor Indonesia – agen merek Nissan di Indonesia yang juga menjajakan Datsun – dari penjualan selama bulan Januari sebanyak 295 unit, Februari 238 unit, dan Maret 192 unit.

Datsun Cross Rally Look di gelaran IIMS 2018 – dok.Motoris

Kemudian dari penjualan di bulan April yang sebanyak 26 unit, Mei 22 unit, Juni 24 unit, dan Juli sebanyak 32 unit. Lalu dari penjualan selama Agustus yang sebanyak 182 unit, September 30 unit, Oktober 10 unit, November 9 unit, dan dari penjualan pada bulan Desember yang sebanyak 9 unit.

Hanya memang, untuk distribusi unit atau penjualan ke diler (wholesales) sepanjang tahun 2020 itu hanya sampai bulan Maret saja. Total unit yang berhasil dilego selama satu kuartal itu mencapai 300 unit.

Ragam varian Datsun di Indonesia- dok.Istimewa

Selebihnya, dari bulan April hingga Desember, tidak ada wholesales yang dilaporkan. Kemungkinan besar, diler menghabiskan stok yang ada padanya, sehingga total penjualan ritel jauh lebih banyak dibanding wholesales. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This