Soal Kongsi dengan Apple: Hyundai Urung, Tapi Sodorkan Kia

Ilustrasi, Hyundai – dok.AP via Engadget

Seoul, Motoris – Hampir dua pekan lalu – atau sejak 10 Januari – menyeruak kabar yang menyebut Hyundai Motor Company telah bersepakat dengan perusahaan raksasa teknologi asal California, Amerika Serikat – Apple Inc – untuk mengembangkan mobil listrik otonom.

Namun, Kamis (21/1/2021) kemarin, kabar baru muncul dan menyebut kesepakatan urung terjadi karena Hyundai memiliki alasan tersendiri.

Seperti dilaporkan Carscoops dan The Green Journal, Kamis (21/1/2021) Hyundai urung masuk menjadi bagian dari mata rantai pasokan proyek mobil listrik yang dipimpin Apple itu karena khawatir perannya hanya sebagai menjadi pemasok.

“Hyundai dengan kekuatan merek yang ada, sanggup untuk mengembangkan sendiri mobil listrik. Tidak perlu dengan menggunakan kekuatan merek Apple,” ujar salah seorang pejabat di pabrikan.

Gambar render mobil listrik otonom Apple iCar – dok.Promax via GaadiWaadi.com

Kendati begitu, Hyundai dikabarkan menyorongkan anak perusahaannya – yakni Kia Motors Corporation – untuk ikut serta di proyek pengembangan mobil listrik Apple tersebur.

Kendati belum ada pernyataan resmi, namun sumber-sumber resmi di Kia Motor mengatakan Kia justeru dengan senang hati menerima pengalihan peran dari Hyundai tersebut.

“Kemitraan dengan Apple itu justeru akan memperkuat citra merek (Kia). Kia juga bertekad di masa mendatang untuk memproduksi seluruh line up produk menjadi mobil listrik,” kata sang sumber.

Bahkan, laporan laman Slash Gear, Kamis (21/1/2021) menyebut Kia telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya bekerja dengan perusahaan asing untuk mengembangkan kendaraan listrik. Kini kerjasama itu masih dalam fase pengajuan legalitas sesuati dengan peraturan yang ada.

Ilustrasi, mobil Kia – dok.Automotive News

Hanya, Kia tak menyebutkan siapa mitra asing yang tengah diajak berdiskusi soal pengembangan mobil listrik ini. Tetapi, Hyundai Motor – yang merupakan induk perusahaan Kia – dikabarkan telah memutuskan, agar Kia akan bertanggung jawab atas kerja sama dengan Apple pada kendaraan listrik.

Menyusul beredarnya kabar itu, harga saham Kia di perdagangan sepanjang kamis (21/1/2021) kemarin langsung membubung 20%. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This