Raize dan Rocky Laris Manis, Toyota Minta Daihatsu Siapkan Versi Hybrid?

SUV Daihatsu Rocky versi terbaru yang merupakan kembaran Toyota Raize diluncurkan di hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Tokyo, Motoris – Pabrikan di bawah payung Toyota Motor dikabarkan – yakni Daihatsu Motor Company – dikabarkan, tahun ini akan menyiapkan versi hybrid dari SUV Daihatsu Rocky (dan kembarannya Toyota Raize). Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi menghadapi pasar yang terus melaju ke jalur model elektrifikasi alias model berteknologi listrik.

Sedangkan pemilihan SUV itu, selain karena saat ini SUV tengah menjadi tren yang menggejala di dunia. Selain itu, karena prospek atau potensi model tersebut di pasar juga menjanjikan.

Laman Nikkei dan Nippon News yang mengutip sumber di internal pabrikan melaporkan langkah itu juga atas restu Toyota, yang berharap harga jual SUV hybrid itu nantinya lebih bersaing. Tujuannya, agar dapat menggaet konsumen sebanyak-banyaknya.

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Kedua, dari sisi platform yang digunakan – yakni Daihatsu New Global Arhitecture (DNGA) – sangat mungkin mengakomodir teknologi penting sebuah mobil modern masa depan, walhasil jauh lebih bersaing. Teknologi itu adalah Connectivity, Autonomous, Sharing, dan Electrification.

Kemungkinan besar teknologi elektrifikasi yang diadopsi oleh Rocky (termasuk Raize) itu adalah full hybrid yang dikembangkan bersama Toyota. Bermodal teknologi full hybrid mobil bisa diajak berjalan dengan hanya menggunakan mode sistem sumber tenaga dari motor listrik dan mesin konvensional bertindak sebagai penyuplai daya baterai jika dayanya menurun.

Dengan demikian, tingkat emisi gas CO2 yang dihasilkan sangat rendah. Pada sisi lain tingkat konsumsi bahan bakar juga jauh lebih irit, yang diperkirakan kehematannya mencapai 30% dibanding versi konvensional.

Tampilan belakang Daihatsu Rocky versi anyar – dok.Motoris

Alasan ketiga – meski tak disebut secara tegas- adalah sambutan konsumen (khususnya di Jepang, karena Raize dan Rocky baru dijual di negeri itu) yang sangat positif. Terbukti sepanjang tahun 2020 lalu, penjualan keduanya moncer alias laris manis.

Data yang dihimpun Japan Automobile Manufactures Association (JAMA) dan Japan Automobile Dealer Associaton (JADA) yang dilaporkan laman Best Selling Cars dan Focus2Move belum lama ini menunjukkan, Toyota Raize telah menjadi mobil terlaris di Jepang sepanjang tahun 2020. Mobil yang pertama kali diluncurkan di hajatan Tokyo Motor Show, November 2019 itu, pada tahun 2020 penjualannya meroket hingga 659,2%.

Sedangkan Daihatsu Rocky pada saat yang sama penjualan melejit 299%. Fakta data juga menunjukkan, sepanjang semester pertama tahun 2020, total penjualan Toyota Raize mencapai 58.942 unit, dan melampaui Toyota Corolla yang 57.235 unit dan Honda Fit (Jazz) yang laku 50.029 unit.

Ilustrasi, Toyota Raize TRD – dok.Toyota

Pada periode yang sama, penjualan Daihatsu Rocky tercatat sebanyak 17.455 unit. Meski masih tertinggal oleh kembarannya, namun penjualan tersebut cukup laris dibanding SUV sejenis yang disorongkan oleh pabrikan lain. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This