Cummins Pasok Mesin ke Isuzu untuk Truk Medium

Ilustrasi, Truk-medium-Isuzu-Isuzu-FVM34-Q-dok.Astra-Isuzu

Tokyo, Motoris – Pabrikan pembuat kendaraan komersial dan mesin diesel asal Tokyo, Jepang – Isuzu Motors Ltd – dikabarkan telah melakukan outsourcing ke pembuat mesin diesel kondang asal Amerika Serikat, Cummins, untuk memasok mesin diesel kepadanya. Dengan cara seperto itu, Isuzu yakin produknya bakal bisa mengikuti perkembangan teknologi terkini.

Seperti dilaporkan Nikkei dan The Financial Post, Rabu (27/1/2021), alih sumber daya alias outsourcing tersebut disepkati kedua belah mulai dijalankan pada akhir tahun 2021 nanti.

“Dengan melakukan kebijakan ini (outsourcing) diharapkan dapat menghemat biaya penelitian dan pengembangan untuk mendapatkan teknologi mesin (disel) yang sesuai dengan standar terbaru. Penghematan yang dicapai bisa mencapai puluhan juta dolar AS,” ujar seorang sumber di internal pabrikan.

Ilustrasi, mesin hasil buatan Cummins bersama Foton di Cina – dok.MarkLines

Terlebih, saat ini semua pabrikan di dunia tengah berjuang untuk mengembangkan teknologi mesin kendaraan agar bisa memenuhi standar emisi gas buang yang semakin ketat. Kesepakatan ini menjadikan Isuzu untuk pertama kalinya menggunakan mesin buatan pihak lain untuk truk buatannya.

Mesin dari Cummins itu akan digunakan di truk medium bertenaga besar namun tetap ramah lingkungan karena emisinya yang tetap memenuhi standar. Truk medium itu bakal dijual di pasar Amerika Utara pada tahun 2021 ini, setelah itu dijajakan di Jepang dan pasar lain.

Kendati demikian, mesin yang dipakai truk tersebut disesuaikan dengan kondisi setiap pasar. Tujuan untuk menyesuaikan dengan peraturan dan persyaratan setempat. Dan dalam penyesuaian ini Isuzu akan bertanggung jawab sepenuhnya.

Masih dalam kerangka kemitraan ini, Isuzu memasok mesin untuk truk kecil ke Cummins. Sejak tahun 2019 Isuzu telah menjalin kemitraan dengan pabrikan lain untuk mengembangkan teknologi generasi mendatang lainnya.

Ilustrasi, aliansi strtaegis antara Volvo dengan Isuzu Motors – dok.Owner Driver

Dia telah bekerja sama dengan Volvo untuk mengembangkan kendaraan sel bahan bakar. Sedangkan dengan Honda dalam teknologi mengemudi otonom.

Sekadar catatan, sepanjang tahun fiskal 2019/2020 yang berakhir Maret 2020 lalu, Isuzu telah menjual truk buatannya sebanyak 290.000 unit. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This