Penjualan Terbanyak, Toyota Lengserkan VW Jadi Nomor Satu di Dunia

Ilustrasi, Toyota RAV4 versi terbaru – dok.Carscoops


Tokyo, Motoris – Sepanjang tahun 2020 kemarin Toyota Motor Corporation (Toyota) telah berhasil menjual mobil sebanyak 9,528 juta unit. Jumlah ini melorot 11,3% dibanding penjualan yang dibukukannya sepanjang tahun sebelumnya.

Namun, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (28/1/2021) penjualan Toyota sebanyak itu masih lebih banyak dibanding jumlah penjualan yang dibukukan oleh Volkswagen (VW). Pabrikan asal Jerman tersebut mengantongi penjualan sebanyak 9,305 juta unit, dimana jumlah ini merosot 15,2% dibanding tahun 2019.

“Toyota mendapatkan kembali posisi teratas sebagai produsen mobil dengan penjualan terlaris di dunia untuk pertama kalinya sejak lima tahun terakhir. Ini dikarenakan penurunan permintaan di Jerman yang jauh menurun karena hantaman badai pandemi (Covid-19) yang lebih keras,” bunyi pernyataan KBA Jerman yang dilansir Business Express, Kamis (28/1/2020).

Ilustrasi, proses produksi VW Passat – dok.Automotivenews.com

Selama lima tahun secara berturut, VW menjadi pabrikan nomor wahid dalam hal penjualan unit. Jumlah itu dibukukan oleh merek-merek di bawah grup, atara VW, Audi, Porsche, dan lain-lain.

Juru bicara Toyota yang dikutip Reuters mengakui perusahaannya telah berhasil mengatasi dampak pandemi dengan lebih baik, sebagian dikarenakan kondisi pasar dalam negeri Jepang yang relatif stabil. Terlebih, kondisi di kawasan Asia pada umumnya, kurang terpengaruh oleh wabah virus yang mematikan tersebut dibanding kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

“Fokus kami bukan pada peringkat kami, tetapi melayani pelanggan kami,” kata dia.

Ilustrasi, Toyota GR Yaris – dok.Toyota

Fakta menunjukkan, produsen mobil dunia – termasuk Toyota dan VW – “tertolong” oleh kondisi pasar di Cina. Mereka berlomba menyodorkan kendaraan berteknologi elektrifikasi (mulai dari hybrid, plug-in hybrid, hingga listrik murni berbasis baterai) kepada konsumen.

Maklum, permintaan mobil listrik di negeri dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia itu – yakni 1,4 miliar jiwa lebih – memang berada di tren yang meningkat.

Ilustrasi perakitan mobil VW di luar Jerman, yakni di Cina. dok. MagnetiMarelli.com

Toyota mengaku porsi penjualan kendaraan listrik sepanjang tahun 2020 lalu mencapai 23%. Porsi ini meningkat dibanding tahun 2019 yang masih sebesar 20%. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This