Rawan Terbakar, 93.000 Hyundai Tucson Di-recall di Australia

Lustrasi, Hyundai Tucson versi baru – dok.Istimewa via Best Cars


Melbourne, Motoris – Hyundai Motor di Australia, pekan lalu mengumumkan penarikan (recall) 93.000 unit SUV Hyundai Tucson karena ditengarai berisiko atau rawan terbakar. Model yang ditarik adalah unit yang dibuat pada November 2014 hingga November 2020.

Seperti dilaporkan Car Advice, Senin (8/2/2021), Hyundai Motor di Negeri Kanguru itu bahkan membuat situs khusus yang meayani berbagai pertanyaan pemilik mobil atau masyarakat terkait dengan penarikan mobil tersebut.

“Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah, ,obil tidak meledak akibat permasalahan yang ada, seperti yang dilaporkan media mainstream,” bunyi pernyataan Hyundai.

Pemegang merek pabrikan asal Korea Selatan itu juga menegaskan, jika di Amerika Serikat dilaporkan telah terjadi selusin kebakaran akibat masalah tersebut, di Australia tidak ada laporan terkait hal itu. Artinya, kondisi di Australia aman-aman saja, tidak ada yang terbakar.

Hyundai Tucson model 2019 – dok. The Car Connection

Kendati begitu, Hyundai menyarankan agar mobil diparkir di tempat yang jauh, termasuk tidak di garasi. Sebab, hasil penyelidikan menunjukkan kasus kebakaran itu dipicu oleh korsleting listrik di dalam modul (rem).

Saat terkena kelembaban, korsleting listrik di modul itu dapat menyebabkan peningkatan risiko kebakaran ruang mesin. “Hal ini dapat terjadi bahkan saat mesin dimatikan karena ada suplai daya yang konstan ke komponen ini,” jelas Hyundai Australia.

Para pemilik mobil akan dihubungi melalui surat via pos maupunsurat elektronik (email). Proses pengerjaan perbaikan diperkirakan hanya membutuhkan waktu 40 menit.

Ilustrasi, Hyundai Tucson model 2019 – dok.Consumer Reports

Namun, proses pengiriman suku cadang pengganti ke Australia diperkirakan baru tiba akhir Februari. Maklum, suku cadang tersebut harus diproduksi terlebih dahulu. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This