Semakin Sengit, Honda Sodorkan CR-V Versi Baru dan Wuling Sajikan Almaz RS

Honda-CR-V-Facelift-yang-meluncurkan-di-Bangkok-International-Motor-Show-Juli-2020-akhirnya-diluncurkan-di-Filipina-pada-23-Oktober-2020-dok.Honda_


Jakarta, Motoris
– Persaingan di segmen pasar mobil sport serbaguna (SUV) medium nasional tahun 2021 ini bisa dipastikan semakin sengit, seiring dengan langkah para pemegang merek yang melepas amunisinya.

Honda Motor yang selama ini dikenal sebagai pemimpin segmen pasar itu disebut bakal meluncurkan versi terbaru (facelift) Honda CR-V, dan Wuling Motor (yang menjadi merek terbesar kedua) segera menggelontorkan Wuling Almaz RS.

Dugaan PT Honda Prosect Motor (HPM atau Honda Indonesia) merilis Honda CR-V versi anyar itu dikuatkan pernyataan staf penjualan di diler Honda yang berada di Kota Tangerang.

“Sampai hari ini, informasinya, yang akan meluncur 18 Februari itu Honda CR-V model baru (facelift). Kalau pesan sekarang, kami ada paket yang menarik,” kata dia saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, di Tangerang, Kamis (11/2/2021).

Tampilan belakang Honda CR-V facelift di Malaysia – dok.Istimewa via Paultan.org

Sebelumnya, HPM telah mengirimkan undangan peluncuran – yang disebut sebagai varian baru mobil Honda di Tanah Air – yang dilansungkan secara virtual pada Kamis (18/2/2021) mendatang.

“Memasuki kuartal pertama di tahun 2021 ini, PT Honda Prospect Motor akan meluncurkan varian mobil terbaru untuk melengkapi portofolio berbagai segmen kendaraan yang dimiliki oleh Honda serta memanjakan para pelanggan dengan mengedepankan kenyamanan berkendara,” bunyi undangan yang diterima Motoris, Kamis (11/2/2021) itu.

Honda CR-V versi baru itu sebelumnya telah melenggang di pasar Thailand, Filipina, dan Malaysia. Di Thailand pada Juli 2020, Filipina 23 Oktober 2020, dan Malaysia 6 November 2020.

Honda-CR-V-facelift-yang-diluncurkan-di-Malaysia-pada-November-2020-dok.Istimewa-via-Paultan.org

Sementara, Wuling Motors Indonesia, sejak beberapa hari terakhir santer dikabarkan segera menggelontorkan varian aru dari SUV Wuling Almaz. Sosok yang diduga sebagai varian tertinggi Almaz itu menggunakan label Wuling Almaz RS.

Adalah Wuling Owner and Fans Indonesia (WOFI) yang pertama kali mengunggah foto-foto sosok baru itu di akun media sosial, facebook. Kemudian, sederet foto tersebut diserbarluaskan Almazer atau komunitas pemilik SUV Wuling Almaz.

“Informasinya memang ada tipe tertinggi yang diluncurkan, Wuling Almaz RS. Tetapi, kapan tepatnya diluncurkan sampai hari ini belum ada pemberitahuan, kemungkinan besar tidak lama lagi (di tahun ini). Kami sendiri belum ada training untuk mendapatkan product knowledge versi itu. Jadi, kalau mau pesan sekarang juga belum bisa,” kata seorang staf penjualan di diler Wuling yang berada di kawasan Tangerang Selatan, saat dihubungi, Jumat (11/2/2021) petang.

Tampilan belakang Wuling Almaz versi faceift – dok.WOFI.jpg

Media Relation Wuling Motors Indonesia, Brian Gomgom, yang dihubungi Motoris pada Minggu (7/2/2021) mengaku belum bisa membagi informasi. “Mohon maaf, saat ini kami belum bisa menginformasikan hal tersebut,” kata dia,

Rekam jejak penjualan
Penggelontoran versi baru SUV ini – baik Honda CR-V maupun Wuling Almaz RS – tentu akan memantik penjualan. Honda dan Wuling merupakan dua merek yang berada di urutan pertama dan kedua dalam hal jumlah penjualan di segmen tersebut.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan ke konsumen (ritel) Honda CR-V versi yang ada sekarang ini, sepanjang tahun 2020 lalu (dari Januari hingga November) tercatat sebanyak 5.759 unit.

Wuling Almaz, SUV medium besutan Wuling Motors versi kini yang dipasarkan di Indonesia – dok.Istimewa

Jumlah tersebut ambrol atau berkurang 6.161 unit dibanding penjualan ritel di tahun 2019 yang masih sebanyak 11.920 unit. Sementara, penjualan ritel Wuling Almaz pada rentang waktu yang sama tercatat sebanyak sebanyak 2.970 unit.

Jumlah ini berasal dari Januari yang sebanyak 552 unit, Februari 668 unit, Maret 305 unit, April 79 unit, Mei 68 unit, dan Juni 86 unit. Kemudian, dari penjualan di bulan Juli yang sebanyak 163 unit, Agustus 229 unit, September 252 unit, Oktober 252 unit, dan November 246 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This