Tak Terbatas Lagi, Kini Mesin Honda Civic Type R Dijual ke Umum

Mesin Honda Civic Type R yang berkode K20C1 kini dijual untuk umum – dok.Istimewa


California, Motoris – Bagi Anda yang menggemari balapan mobil, kini ada kabar gembira. Honda Motor melalui anak perusahaannya – yang berkantor di Santa Clara, California – Honda Performance Development (HPD) akan menjual mesin khusus Honda Civic Type R ke konsumen umum.

Sebelumnya, mesin yang di internal dinamai dengan kode K20C itu telah dijual sejak tahun 2017 lalu, tetapi hanya terbatas.

Seperti dilaporkan laman CarThrottle dan Carscoops, Kamis (11/2/2021), penjualan mesin tersebut masih terbatas kepada anggota Honda Racing Line dan tim balap. Namun, kini HPD – mulai Mei mendatang – akan menjual mesin 2.0 liter ber-turbocharged itu ke konsumen pribadi untuk digunakan di mobil mereka agar memiliki performa balap.

Menariknya, mesin tersebut dirancang penggunaannya mudah dan dapat dipasang di berbagai jenis kendaraan. Mesin versi anyar ini diklaim sudah di-upgrade, sehingga tenaganya menjadi 306 hp dan 316 hp tergantung spesifikasinya.

Mesin K20C1 yang selama ini dipakai oleh Honda Civic Type R dan sejak 2017 dijual khusus ke kalangan terbatas – dok.Istimewa

HPD akan mengirimkan mesin itu dengan blok panjang, alternator, turbocharger, dan motor starter. Sedangkan bagi pembeli yang engambil paket Controls Package, Honda akan menambahkan ECU, engine swap harness, serta pedal akselerator (pedal gas).

Harganya, US$ 6.790 atau sekitar Rp 95 jutaan (kurs US$ 1 = Rp 13.992). Sedangkan untuk tambahan Controls Pakcage US$ 2.210 atau sekitar Rp 31 jutaan.

Hanya, bagi peminat perlu bergerak cepat. Pasalnya, HPD hanya memproduksinya dalam jumlah terbatas, yakni 93 unit.

“Paket mesin ini merupakan edisi terbatas, yang merupakan bagian dari strategi HPD untuk memanfaatkan keahlian tertinggi kami bagi kepentingan penggemar Honda dari segala usia dan kategori motorsport,” ungkap HPD Commercial Motorsports Manager, John Whiteman.

Mesin K20C1 Honda Civic Type R juga ditawarkan dengan tambahakn paket khusus – dok.Istimewa

Dia menambahkan mesin K20C1 selama ini telah memenangi berbagai laga balapan baik di seri klub maupun profesional. Walhasil, banyak penggemar adu keceapatan itu kepincut dengannya. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This