Produsen Oli Idemitsu Produksi Sekaligus Jual Mobil Listrik

Mobil listrik buatan Idemitsu dan Tajima – dok.Istimewa via Nikkei


Tokyo, Motoris – Produsen pelumas kondang asal Chiyoda, Tokyo, Jepang – Idemitsu Kosan – masuk ke pasar mobil listrik. Menggandeng pabrikan mobil balap –Tajima Motor – kolaborasi dua pabrikan ini masuk ke pasar mobil bertenaga dari setrum akan menyodorkan mobil berharga 1 juta yen atau sekitar Rp 133 juta (kurs 1 yen = Rp 133,27).

Seperti dilaporkan Nikkei dan The Green Journal, Sabtu (13/2/2021), kongsi dua pabrikan tersebut juga masuk ke pasar layanan berbagi tumpangan dengan menggunakan mobil listrik itu.

“Ini menandai pertama kalinya di Jepang, sebuah perusahaan non pabrikan mobil melakukan lompatan ke kendaraan listrik sejak pemerintah mengumumkan untuk menyetop produksi dan penggunaan mobil berbahan bakar minyak menjadi mobil listrik sepenuhnya pada tahun 2030 nanti,” tulis Nikkei.

Kedua perusahaan ini – Idemitsu Kosan – Tajima itu memndirikan sebuah perusahaan baru. Rencananya, perusahaan tersebut akan mulai memproduksi kendaraan listrik di pabrikan milik Tajima yang berada di Prefektur Shizuoka pada awal musim gugur tahun ini.

Ilustrasi, tempat penjualan sekaligus ganti oli Idemitsu – dok.Istimewa

“Setelah produksi massal berjalan sesuai rencana, fasilitas khusus akan dibangun,” ungkap seorang sumber di Idemitsu.

Mobil yang disodorkan ke pasar adalah mobil listrik ultra kompak yang berukuran panjang 2,5 meter dan lebar 1,3 meter. Mobil itu berkapasitas empat penumpang.

Undang-undang di Jepang yang telah direvisi dan disahkan tahun lalu memungkinkan kendaraan sekecil itu untuk dikendarai di jalan umum. Kendaraan ini memiliki kecepatan maksimum 60 kilometer per jam dan dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti anti selip. Harganya 1 juta yen – 1,5 juta yen atau sekitar Rp 133 juta – Rp 199,9 juta

Bodinya terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi yang dikembangkan Idemitsu menggunakan keahliannya dalam bidang petrokimia. Sedangkan semburan tenaganya berahasil dari motor listrik berbaterai lithium-ion yang akan dibeli dari perusahaan lain.

Ilustrasi, pengisian daya baterai mobil listrik – dok.Nikkei Asian Review

Untuk pengisian daya baterai bisa menggunakan instaliasi listrik rumah tangga, dengan masa pengisian selama delapan jam. Jika baterai terisi penuh, mobil sanggup berjalan hingga sejauh 100 kilometer.

Mobil tersebut diklaim cocok dikemudikan oleh orang yang baru bisa mengemudi atau oleh orang tua. Bahkan sangat cocok untuk perjalanan di dalam kota. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This