Mitsubishi Outlander Anyar Lahir, Ada “Darah” Nissan Rogue Terbaru

Mitsubishi Outlander generasi terbaru atau generasi keempat – dok. Istimewa

Washington, Motoris – Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubsihi) Selasa (16/22021) kemarin meluncurkan generasi terabaru atau generasi keempat SUV kompak Mitsubishi Outlander secara virtual di Amazon Live. Meski tampilan dengan gaya khas Mitsubishi terkini – yakni gaya Dynamic Shield – SUV ini berbagi platform dengan Nissan Rouge versi terbaru.

Seperti dilaporkan laman Wheels Canada dan Car and Driver, Selasa (16/2/2021), jika Outlander anyar ini berbagi platform dan mesin dengan SUV anyar Nissan itu wajar. Pasalnya, antara Mitsubishi Motors dan Nissan Motors Company juga terjalin ikatan kongsi dalam kerangka aliansi Nissan – Renault – Mitsubishi.

Kini, Outlander generasi keempat yang juga buah pertama dari aliansi itu menggelontor ke pasar dengan tampilan – eksterior maupun interior – yang jauh lebih bagus dari pendahulunya.

Lampu depan Mitsubishi Outlander terbaru- dok,Istimewa

Parasanya lebih menarik, dengan gril yang menonjol, banyak trim krom serta pengaturan sistem pencahayaan yang menarik. Di sektor sumber pencahayaan ini terdapat lampu daytime running (DRL), lampu depan, dan lampu kabut yang diposisikan di bumper.

Lampu DRL dan lampu sein ditempatkan di area atas, dengan tujuan demi meningkatkan visibilitas bagi mereka yang tengah berada berhadapan dengan kendaraan. Lampu utama diposisikan di bawah dan dimiringkan, hal itu bertujuan agar memberi pencahayaan yang lebih kepada pengemudi di kala menggeber mobil di malam hari, karena sorot lampu akan menerangi lintasan dengan intensitas yang lebih besar.

Sementara di bagian belakang, gaya desain lampu belakang yang tajam dan tipis selaras dengan gaya desain lampu depan. Aura sebuah kendaraan sport serbaguna yang kokoh mencuat kuat di bagian ini.

Tampilan bagian belakang All New Mitsubishi Outlander terbaru alias Oulander generasi keempat – dok.Istimewa via Car and Driver

Fitur dan penataan interior
Selain menyuguhkan ubahan yang cukup frontal di bagian eksterior, Mitsubishi juga melakukan penyempurnaan di bagian interior, termasuk menyuguhkan fitur baru. Itu terlihat dari hadirnya panel instrumen linier baru dengan bagian atas yang dilapisi bantalan lembut berbalut kulit.

Penghangat kursi dan kontrol iklim otomatis tiga zona, menemani kehadiran layar infotainment yang mengadopsi gaya Rogue. Selain itu terdapat kontrol HVAC, cluster instrumen digital 12,3 inci, head-up display, dan electronic shift selector.

“Untuk pertama kalinya, Mitsubishi telah menyediakan Head-Up Display (HUD) full color 10,8 inci yang bisa dihidupkan atau dimatikan,” bunyi keterangan Mitsubishi Motors di Amerika Utara.

Skema tata ruang kabin Mitsubishi Outlander versi terbaru – dok.Istimewa

Kelapangan di bagian kabin juga terasa kuat. Maklum Outlander versi anyar ini menawarkan tiga baris, tujuh kursi, yang dapat diatur secara fleksibel. Kursi baris kedua memiliki fungsi sliding dan reclining, serta pembagian split 40:20:40.

Kursi baris ketiga bisa dilipat dengan konfigurasi 50/50 untuk ruang kargo tambahan. Dengan kedua baris rata, luas kargo total menjadi 80,3 inci, atau meningkat 15,9 inci, dengan lebar 37,4 inci.

Sementara konsol tengah juga memiliki dilengkapi peranti pengisian daya telepon seluler (berdaya 15W) Selain itu terdapat port pengisian daya USB Tipe C dan A di bagian depan dan belakang konsol tengah.

Tampilan interior bagian depan All New Mitsubishi Outlander versi terbaru – dok.Istimewa

Mitsubishi Outlander 2022 ini juga menawarkan fitur keselamatan standar. Semuanya menggunakan teknologi Nissan yang disebut MI Pilot Assist, selain Adaptive cruise control dan lane keep assist yang sangat membantu mengurangi kelelahan pengemudi di jalan raya.

Mesin
Outlander baru mengusung mesin 2,5 liter inline-four dengan continuous variable transmission. Mirip dengan mesin yang digunakan oleh Nissan Rogue versi terbaru.

Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 181 hp dengan torsi 245 Nm ke depan atau keempat roda. Sistem penggerak empat roda Mitsubishi yang disebut Super All-Wheel Control (S-AWC) yang dikontrol secara elektronik menjadi poin penting yang menarik di Outlander paling gres itu.

ADa enam mode berkendara yang bisa dipilih pengemudi Mitsubishi Outlander versi terbaru – dok.Istimewa

Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomatis CVT delapan tingkat percepatan. Brake AYC (Active Yaw Control) memberikan kontrol terdistribusi roda depan dan belakang dengan baik.

Sensor Outlander dapat mendeteksi sudut kemudi, laju yaw, torsi mengemudi, tekanan rem, hingga kecepatan roda untuk mengidentifikasi operasi pengemudi dan status kendaraan dengan benar. Walhasil, kontrol dan stabilitas kendaraan terjaga secara maksimal. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This