Awali 2021, di Januari Renault Triber Hanya Laku 29 Unit

Renault Triber – saat diperkenalkan di Indonesia pada Juli 2019- dok.Motoris


Jakarta, Motoris
– Sepanjang bulan pertama tahun ini atau bulan Januari lalu penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia- baik ke diler (wholesales) maupun ke konsumen (ritel) – tercatat masih menurun.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total wholesales di bulan pertama itu sebanyak 52,910 unit. Jumlah ini ambles 34,2% dibanding wholesales di Januari 2020 yang sebanyak 80.435 unit.

Sedangkan penjualan ritel yang dibukukan pada bulan perdana itu tercatat sebanyak 53.997 unit. Jumlah ini juga ambles, yakni hingga 33,3% dibanding penjualan ritel selama Januari tahun lalu yang mencapai 81.059 unit.

Tampilan belakang Renault Triber AMT – dok.EVO India

Fakta data memperlihatkan, pada bulan kesatu itu, penjualan mobil keluarga serbaguna (MPV) kelas entry level alias pemula juga belum mampu menderu. Tapi, model maupun merek yang “bermain” di ceruk pasar ini masih sama, diantaranya Toyota Calya, Daihatsu Sigra, Renault Triber, dan lainnya.

Toyota Calya pada bulan pertama itu terlego 2.153 unit, dan Daihatsu Sigra membukukan penjualan sebanyak 2.218 unit. Penjualan keduanya jauh di atas pesaingnya yakni Renault Triber.

MPV entry level yang oleh sebagai kalangan dikliam sebagai Low MPV – dan merupakan satu-satunya dari merek non Jepang – itu di bulan perdana tahun 2021 itu, hanya berhasil mencatatkan penjualan ritel sebanyak 29 unit.

Ilustrasi, Renault Triber AMT yang diproduksi di India juga diekspor ke Indonesia – dok.Gaadiwaadi.com

Sebelumnya, di tahun 2020, data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel ke Gaikindo (data hingga November) menunjukkan, sampai dengan bulan ke-11, Renault Triber terjual ke konsumen sebanyak 174 unit.
Jumlah tersebut merupakan penjualan ritel yang dibukukan sejak Maret hingga November.

Rinciannya, dari penjualan di bulan Maret sebanyak 9 Maret, April 2 unit, Mei 12 unit, dan Juni sebanyak 7 unit. Kemudian penjualan di bulan Juli sebanyak 13 unit, Agustus 24 unit, September 11 unit, Oktober 69 unit, dan November sebanyak 27 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This