Penjualan Low MPV di Januari, Avanza Masih Merajai dan Ertiga Ketendang Livina

Toyota Avanza versi terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari tahun ini pasar mobil baru di Indonesia masih lesu akibat dampak wabah virus corona (Covid-19) yang masih belum berlalu. Jumlah penjualan mobil ke konsumen (ritel) maupun ke diler (wholesales) – secara umum atau total – masih belum menderu dibanding bulan yang sama di tahun lalu.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan mobil ke konsumen (ritel) yang dibukukan pada bulan perdana itu tercatat sebanyak 53.997 unit. Jumlah ini juga ambles, yakni hingga 33,3% dibanding penjualan ritel selama Januari tahun lalu yang mencapai 81.059 unit.

Tren penurunan masih menyelimuti penjualan hampir semua segmen, tak terkecuali segmen MPV, termasuk Low MPV. Kendati begitu, model terlaris di pasar Low MPV ini hingga kini masih belum berubah, yakni Toyota Avanza.

Ilustrasi, All New Nissan Livina -dokMotoris

Fakta data yang dikutip Motoris dari data Gaikindo terlihat Toyota Avanza di bulan Januari itu terjual ke konsumen (ritel) sebanyak 2.828 unit. Jumlah ini setara dengan 28,9% total penjualan seluruh merek.

Mitsubishi Xpander berada di urutan kedua dengan total penjualan sebanyak 1.961 unit. Suadara sepupunya – Nissan Livina – berada di belakangnya, alias bertengger di urutan ketiga setelah laku sebanyak 1.135 unit.

Menariknya, penjualan Nissan Livina ini menyalip atau mengungguli penjualan Suzuki Ertiga yang terlego 765 unit dan berada di urutan keempat. Sedangan saudara kembar Toyota Avanza – yakni Daihatsu Xenia – harus puas bertengger di posisi kelima karena hanya laku 654 unit.

Suzuki All New Ertiga – dok.PT SIS

Posisi Xenia masih lebih bagus ketimbang Honda Mobilio yang terjual sebanyak 563 unit dan harus puas berdiam diri di posisi keenam. Bahkan di atas posisi Wuling Confero – yang bercokol di urutan ketujuh – dengan penjualan ritel sebanyak 418 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This