Penjualan MPV High di Bulan Pertama, Kia Sedona Paling Merana

Ilustrasi, Kia Grand Sedona – dok.Carmag.com


Jakarta, Motoris – Sepanjang Januari atau bulan pertama di tahun ini, mobil keluarga serbaguna (MPV) high alias MPV kelas di antara MPV medium dan MPV premium, tercatat sebanyak 236 unit. Mereka yang berlaga memperebutkan hati konsumen di pasar segmen ini adalah Hyundai H-1, Kia Sedona, Nissan Serena, Peugeot 5008, dan Toyota Voxy.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke konsumen (ritel) yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) terlihat, Hyundai H-1 di bulan perdana tahun 2021 itu hanya terjual sebanyak 23 unit. Jumlah ini setara dengan 9,7% dari total penjualan MPV kelas tersebut.

Kemudian, Kia Sedona yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha hanya laku 6 unit. Walhasil, dia hanya hanya berhasil mencuil pangsa pasar sebesar 2,5%.

Hyundai H-1 Royale Special Edition disuguhkan Hyundai Indonesia di GIIAS 2019 – dok.Istimewa

MPV besutan Nissan Motor yakni Nissan Serena berkinerja lebih bagus dari keduanya, karena masih mampu mengoleksi angka penjualan sebanyak 30 unit. MPV yang diniagakan oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia itu berhasil mencomot pangsa pasar sebesar 12,7%.

Sedangkan Peugeot 5 series – yakni Peugeot 5008 – di bulan ke satu itu cuma terjual 11 unit. Dengan demikian, mobil asal Prancis yang dijajakan oleh PT Astra Peugeot ini hanya mendulang pangsa pasar sebesar 4,7%.

Sementara, MPV besutan Toyota Motor yakni Toyota Voxy mengantongi angka penjualan sebanyak 166 unit. Jumlah ini setara dengan 70,3% dari total penjualan seluruh merek alias mendominasi.

New Peugeot 5008 yang dijual di Indonesia oleh PT Astra Peugeot- dok.Istimewa

Tapi, dominasi Toyota Voxy tak hanya terjadi di bulan Januari tahun ini. Sepanjang tahun 2020 lalu, dia juga menguasai pasar MPV kategori ini.
Fakta data dari Gaikindo berbicara, di tahun tersebut mobil ini membukukan penjualan ritel sebanyak 1.805 unit. Pangsa pasar yang berhasil direbutnya 72,1%.

Jumlah penjualan ritel di tahun 2020 itu berasal dari penjualan di bulan Januari sebanyak 127 unit, Februari 348 unit, Maret 233 unit, April 75 unit, Mei 46 unit, Juni 103 unit, dan Juli 103 unit. Kemudian dari penjualan selama bulan Agustus yang sebanyak 114 unit, September 118 unit, Oktober 112 unit, November 196 unit, dan Desember 230 unit.

Data penjualan ini menunjukkan, di bulan pertama tahun ini, pada segmen MPV high, Kia Sedona paling merana dalam penjualan. MPV delapan kursi ini di Indonesia pada awalnya hanya distawarkan dalam satu varian mesin yakni mesin bensin V6 berkapasitas 3.3 liter.

Toyota Voxy terbaru – dok.Istimewa

Namun, pada Juli 2018 – saat itu PT Kia Mobil Indonesia – meluncurkan varian bermesin diesel 2.2 liter yang bertenaga 200 PS dengan torsi hingga 441 Nm. Varian ini menggunakan transmisi oromaris delapan tingkat percepatan. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This