Bulan Januari Tahun Ini, Camry Masih Pimpin Pasar Sedan di RI

Ilustrasi, Toyota Camry hybrid versi terbaru – dok. Istimewa


Jakarta, Motoris – Penjualan mobil jenis sedan ke konsumen (ritel) – mulai dari kelas entry level hingga mewah – di Republik Indonesia (RI) sepanjang bulan Januari lalu tercatat sebanyak 370 unit. Angka penjualan ini dinilai cukup memberi harapan terhadap kinerja penjualan yang diyakini meningkat di tahun ini.

“Pangsa pasar sedan memang terus berada di tren penurunan sejak beberapa tahun terakhir. Tetapi, bagaimana pun tidak berarti akan hilang sama sekali. Karena penggemar sedan di kita (Indonesia) masih lumayan banyak tetapi memang faktor daya beli menentukan,” kata Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Jongkie Sugiarto, saat dihubungi di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sementara, dari data yang dihimpun Gaikindo menunjukkan, sepanjang tahun 2020 lalu, total penjualan sedan ke diler (wholesales) mecapai 4.749 unit, atau merosot 26 dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan, penjualan ke konsumen (ritel) di kurun waktu yang sama mencapai 4.924 unit atau ambles 27%.

BMW Seri 3 – dok.Car and Driver

Adapun di bulan Januari tahun ini, dari total penjualan ritel yang sebanyak 370 unit, Toyota Camry masih memimpin alias terlaris, yakni dengan jumlah penjualan 59 unit dan merebut pangsa pasar 15,9%. Dia dibuntuti oleh sedan BMW Seri 3 yang terjual ke konsumen sebanyak 56 unit dengan pangsa pasar 15,1%.

Berada di urutan ketiga, Honda Civic yang laku 48 unit dengan pangsa pasar 13%. Dia dibayangi Toyota Corolla yang terjual 42 unit (11.4%.

Selanjutnya ada BMW Seri 5 dengan penjualan 30 unit, Mercedes-Benz C-Class 20 unit, Honda Accord 19 unit, Mercedes-Benz E-Class 18 unit, Honda City 17 unit, Toyota Vios 14 unit.

Lexus ES 250 versi terbaru meluncur di GIIAS 2019 – dok.Istimewa

Kemudian Lexus ES Series 10 unit, Mazda 6 series 9 unit, Mercedes-Benz S-Class 6 unit, BMW M Series dan Mercedes-Benz CLA Class yang masing-masing lalu 4 unit.

Lalu Mercedes-Benz CLS Class yang terjual 3 unit. Dia disusul Toyota 86 dan Toyota Supra dengan penjualan masing-masing 2 unit. Dan tempat terakhir diduduki Mercedes-Benz V Series dan Mercedes-Benz A-Class, dimana masing-masing laku 1 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This