Kalah Banyak, Awali 2021 Honda Jazz Dijegal Yaris di Penjualan Ritel

Honda Jazz – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Penjualan ritel small hatchbcak di sepanjang bulan pertama atau Januari tahun ini masih tertekan oleh kondisi ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Total penjualan ke konsumen (ritel) masih berada di tren penurunan.

Namun, di bulan pertama itu peristiwa menarik terjadi. Jika di waktu-waktu sebelumnya, small htachback Honda yakni Honda Jazz selalu mengungguli Toyota Yaris dalam menggaet hati konsumen – atau dalam penjualan ritel – di bulan kesatu itu, terbalik.

Hatchback besutan Toyota Motor itu lebih unggul. Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pada bulan perdana tersebut Toyota Yaris terjual sebanyak 428 unit, sedangkan Honda Jazz 349 unit.

Toyota New Yaris TRD Sportivo – dok.Istimewa

Artinya, penjualan ritel Yaris unggul atau lebih banyak 79 unit. Bahkan Yaris juga jauh menungguli hatchback Suzuki Baleno yang laku 261 unit.

Fakta data juga memperlihatkan pada bulan tersebut Daihatsu Sirion terlego 18 unit. Namun, penjualan ritel Sirion ini masih lebih banyak ketimbang Mazda yang mebcatatkan penjualan ritel sebanyak 17 unit.

Ilustrasi, Suzuki New Baleno – dok.Motoris

Pada bulan yang sama, VW Polo terjual 8 unit. Adapun hatchback Kia yang dijajakan oleh PT Kreta Indo Artha hanya laku 2 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This