Honda Brio Kuasai Pasar City Car Januari: Ignis, Kwid, dan Sirion Tak Berkutik

Ilustrasi, Suzuki New Ignis atau Suzuki Ignis faceift yang dipasarkan di Indonesia sejak 9 April 2020 – dok.PT SIS


Jakarta, Motoris – Sepanjang bulan pertama tahun ini, pasar city car di Indonesia benar-benar milik Honda Brio. Mobil yang dijajakan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini tercatat menguasai pangsa pasar hingga 81%.

Data yang dihimpun Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, total penjualan ke konsumen (ritel) Honda Brio di bulan pertama itu sebanyak 942 unit.

Jumlah ini sangat jauh di atas pesaing terkuatnya Suzuki Ignis yang di bulan tersebut terjual sebanyak 177 unit.

Bahkan meninggalkan jauh Daihatsu Sirion dan Renault Kwid. Daihatsu Sirion yang dijual oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) – dan diimpor secara utuh dari Malaysia – itu terjual sebanyak 18 unit.

Ilustrasi, All New Brio – dok.Istimewa

Sementara Renault Kwid yang didatangkan dari India oleh PT Maxindo Renault Indonesia ini terjual ritel hanya sebanyak 15 unit. Fakta data ini menunjukkan Honda Brio benar-benar menguasai pangsa pasar secara absolut.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto menduga kecilnya volume penjualan cirycar asal impor di Tanah Air, selain faktor kondisi pasar yang masih melemah juga karena impor yang terbatas.

Ilustrasi, Daihatsu Sirion versi facelift yang juga diproduksi di Malaysia oleh Perodua – dok.Istimewa

“Selain karena memangpasar yang masih lemah, aktifitas ekspor dan impor juga terdampak. Tapi seberapa besar dampak ini ke masing-masing merek, saya tidak tahu persis besarannya,” kata dia saat dihubungi di Jakarta, Senin (22/2/2021). (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This