Di Januari, Wholesales Wuling Almaz Ungguli Honda CR-V Lagi

Wuling Almaz 7-penumpang yang dilengkapi fitur WIND – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Model Sport Utility Vehicle (SUV) medium Wuling Motors yang dijual di Indonesia, yakni Wuling Almaz, pada Januari lalu kembali mengungguli Honda CR-V dalam penjualan ke diler (wholesales). Sebelumnya, di bulan Desember 2020, Wuling Almaz juga membukukan wholesales lebih banyak ketimbang SUV medium Honda Motor tersebut.

Data yang dikompilasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di bulan Januari tahun ini wholesales yang berhasil dibukukan Wuling Almaz sebanyak 214 unit. Sementara Honda CR-V sebanyak 272 unit.

Masih menurut data Gaikindo, di bulan Desember 2020, Almaz terjual ke diler mencapai 847 unit. Jumlah itu lebih banyak 167 unit, dibanding jumlah wholesales Honda CR-V yang sebanyak 666 unit.

Ilustrasi, salah satu fitur Wuling di Wuling Almaz yang menjadikannya pelpor adalah voice command berahasa Indonesia WIND – dok.Motoris

Meski, secara total di tahun 2020 itu, wholesales Honda CR-V jauh lebih banyak dibanding Wuling Almaz. Saat itu Honda CR-V mengantongi 4.979 unit dan Wuling Almaz 1.947 unit.

Menurunnya wholesales Honda CR-V di Desember 2020 dan Januari tahun ini, diduga kuat karena stok model yang ada sudah menipis. Sebab, pada 18 Februari 2021, PT Honda Prospect Motor menggelontorkan versi anyar dari SUV tersebut.

“Secara teori seperti itu, ketika akan ada versi atau model baru, stok model yang bersangkutan sudah habis sebelum versi barunya hadir. Apalagi kalau kita lihat secara kronologi penjualan bulan per bulan kan Honda masih jauh di atas (Wuling Almaz). Tapi, apakah yang terjadi demikian. Persis seperti teori atau tidak, tentu yang tahun ya APM (agen pemegang merek) yang bersangkutan,” ungkap peneliti senior industri otomotif Eternity Marketing Research Specialist, Eko Wahyu Utomo, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Ilustrasi, Honda CR-V versi lama – dok.Carlist

Menurut dia, hadirnya CR-V anyar tak mengubah peta dan detak persaingan yang terjadi di segmen ini menjadi tak seimbang. Sebab, Wuling juga santer disebut bakal menggelontorkan versi anyar, Wuling Almaz RS.

Kendati, sebut Eko, meski berada di segmen yang sama – yakni segmen SUV medium – profil pembeli Honda CR-V dan Wuling Almaz tetap berbeda.

Dari penelitian yang dilakukan Eternity selama ini, kata Eko, mayoritas atau sebagian besar orang yang membeli Wuling Almaz adalah mereka yang berada di level transisi dari Low SUV ke medium SUV. Sehingga, tawaran harga yang lebih terjangkau dari Almaz plus teknologi dan fitur yang tak kalah, mereka merasa mendapatkan alternatif pilihan yang diinginkan.

Honda CR-V versi facelift – dok.Istimewa

“Sedangkan pembeli CR-V merupakan orang-orang yang memang (secara daya beli) berada di level konsumen medium SUV. Mereka sangat memperatikan teknologi, fitur, desain, dan brand image. Mereka sudah masuk ke emotional buyer, yang tertarik membeli karena memang suka bukan sekadar berdasar hitung-hitungan matematis harga. Dan loyalitas mereka ke brand lebih tinggi,” jelas Eko.

Sekadar informasi, versi paling gres atau versi terbaru Honda CR-V dibanderol Rp 489 juta – Rp 577 juta on the road DKI Jakarta. (Fer/Ara)


CATEGORIES
TAGS
Share This