Kalahkan Tesla Model 3, Hong Guang Mini EV Mobil Listrik Terlaris di Cina

Mobil listrik Wuling Hong Guang Mini menjadi mobil listrik terlaris di Cina Januari 2021-dok.Inside-EVs

Beijing, Motoris – Mobil listrik mungil buatan Wuling Motors, yakni Wuling Hong Guang EV – sepanjang Januari tahun ini menjadi menjadi mobil listrik terlaris di Republik Rakyat Cina (Cina) dan mengungguli penjualan mobil listrik buatan Tesla, yakni Tesla 3. Jumlah penjualannya dua kali lipat lebih dari mobil buatan Tesla Inc itu

Seperti dilaporkan Inside EVs belum lama ini, data yang dilansir China Passenger Car Association (CPCA) menunjukkan, di sepanjang bulan pertama itu Wuling Hong Guang EV terjual sebanyak 25.778 unit. Pada bulan yang sama Tesla Model 3 terjual 13.843 dan BYD Hanya laku 9.298 unit.

Sementara, seperti dikutip BBC, Kamis (25/2/2021) sejumlah pakar di Negeri Tirai Bambu itu mengatakan, meski teknologinya jauh di bawah Tesla, namun Hong Guang EV berhasil memberikan daya jangkau, kinerja, serta kenyamanan yang dianggap cukup memadai. Terlebih, harga juga sesuai dengan harapan mayoritas masyarakat di negara penduduk terpadat di dunia tersebut.

Wuling Hong Guang Mini EV – dok.Istimewa via Carscoops

“Kecepatan maksimumnya yang mencapai 100 kilometer per jam dengan daya tampung empat orang, mobil ini banyak disukai orang. Terlebih di tengah keseriusan Beijing dalam mengurangi polusi dan menjadi pemimpin global dalam adopsi dan promosi inovasi kendaraan listrik,” papar Managing Director Grup Riset Pasar Shaun Rein kepada BBC.

Tahun lalu mobil listrik buatan Wuling Motors alias SGMW (SAIC-General Motors-Wuling Automobile) Motor itu juga tercatat sebagai mobil listrik terlaris kedua di dunia.

Menurut riset yang dilakukan EV Sales Blog, dari total penjualan mobil elektrifikasi (meliputi mobil hybrid (HEV), Plug-in Hybrid (PHEV) dan listrik baterai (BEV) hingga hidrogen atau FCEV), Wuling Hong Guang berada di urutan kedua.

Ilustrasi, mobil listrik Tesla Model 3 yang diproduksi di Cina yang kini telah diekspor ke Eropa- dok.Voice of America

Tercatat dari total penjualan elektrifikasi dunia yang sebanyak 3,125 juta unit, Tesla Model 3 terjual sebanyak 365.240 unit dan berada di urutan pertama. Kemudian Wuling Hong Guang Mini EV dengan tempat kedua setelah laku 119.225 unit.

Kemudian Renault Zoe yang terlego sebanyak 100.431 unit berada di urutan keempat. Terlaris keempat Tesla Model Y yang terjual 79.734 unit, dan Hyundai Kona listrik berada di urutan kelima setelah terjual sebanyak 65.075 unit.

Penjualan Tesla Model 3 di Cina dikabarkan menurun menyusul ditegurnya Tesla Inc di Cina karena banyaknya permasalahan di mobil listrik buatan pabrikan itu di negara tersebut. (FanAra)

CATEGORIES
TAGS
Share This