Honda City Hatchback Datang Siap Hantam Toyota Yaris

All New Honda City Hatchback – dok.Istimewa


Jakarta Motoris – Persaingan di segmen sedan tanpa buntut alias hatchback di Indonesia hingga kini yang terpanas adalah di segmen small hatchback. Dua model besutan merek asal Jepang – yakni Toyota Yaris dan Honda Jazz- menjadi model yang paling seru bertarung di pasar hatchback di Tanah Air.

Namun, fakta berbicara, sejak beberapa tahun terakhir Toyota Yaris tak berkutik menghadapi gempuran Honda Jazz. Dan hari ini, Rabu (3/3/2021) Honda Motor Company – melalui PT Honda Prospect Motor (HPM) – akan meluncurkan model hatchback baru yakni Honda City hatchback yang disebut-sebut sebagai pengganti Honda Jazz.

Jika itu benar (menjadi pengganti Jazz), maka “gempuran” Honda ini bisa menjadi marabahaya bagi Toyota di Indonesia. Honda City hatchback bisa “menonjok” Toyota Yaris yang selama ini tak berdaya ditendang Honda Jazz.

Ilustrasi, mobil yang baru diluncurkan di Indonesia 8 September 2020, Toyota New Yaris – dok.Istimewa

Penjualan Toyota Yaris – yang dijajakan oleh PT Toyota Astra Motor – kalah jauh dari pesaing beratnya itu. Fakta data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ritel (penjualan langsung ke konsumen) yang dilaporkan kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, sepanjang tahun 2020 kemarin penjualan Toyota Yaris dan Honda Jazz sama-sama ambrol dibanding tahun sebelumnya.

Tetapi, Honda Jazz masih jauh lebih unggul. Hatchback Honda itu terjual ke konsumen sebanyak 6.533 unit, sedangkan Toyota Yaris laku 4.238 unit.

Kondisi serupa juga terjadi di sepanjang tahun 2019. Saat itu penjualan ritel Honda Jazz mencapai 12.361 unit, dan Toyota Yaris hanya 9.052 unit.

Bahkan di tahun 2017, atau dua tahun sebelumnya, penjualan ke diler (wholesales) keduanya juga terpaut jauh. Data Gaikindo menyebut, Honda Jazz unggul dengan total penjualan 16.100 unit, dan Toyota Yaris 10.750 unit.

Honda Jazz – dok.Istimewa

Beruntung, Yaris sempat lolos dari “sandera” terkalahkan oleh Honda Jazz pada Januari atau bulan awal tahun 2021. Yaris terjual ritel sebanyak 428 unit, sedangkan Honda Jazz 349 unit.

Tetapi, sumber di diler Honda berdalih karena stok Jazz memang sudah terbatas di diler. “Stok Honda Jazz di diler setahu saya, sejak akhir kuartal ketiga tahun 2020 lalu memang sudah berkurang. Karena ada transisi ke City hatchback, sehingga fokus ke hatchback baru ini,” kata kolega Motoris di diler Honda yang berada di Tangerang Selatan, saat bertemu di Bintaro X’Change, Selasa (2/3/2021).

Bahkan, lanjut dia, meski saat ini pesaing Honda Jazz (Yaris) mendapatkan fasilitas pemangkasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 0%, namun tak serta merta bakal melibas Honda City hatchback. Pasalnya, selain profil pembeli small hatchback yang lebih loyal terhadap brand, juga faktor kebaruan model.

Tampilan belakang Toyota Yaris Facelift – dok.Istimewa

“Model baru pasti lebih menggiurkan bagi konsumen. Fitur, teknologi, dan desain menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi jika harga tak jauh-jauh banget dari pesaing,” ucap dia. (Die/Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This