Wey Tank 300, SUV Mirip Ford Bronco Ini Laris di Cina

Wy Tank 300 SUV tujuh penumpang buatan Wy Motor anak perusahaan Great Wall Motor Cina – dok.Auto Times News


Baoding, Motoris – Wey Motors yang merupakan pabrikan mobil asal Baoding Cina dan resmi dijadikan anak perusahaan Great Wall Motors (GWM) sejak tahun 2017, sejak Desember 2020 lalu resmi menjajakan SUV tujuh penumpang bernama Wey Tank 300.

Satu hal yang membetot perhatian publik dunia dari SUV ladder frame itu adalah, gaya desainnya yang “mirip-mirip” dengan SUV buatan Ford Motor Coampny, yakni Ford Vronco terbaru.

Bahkan, tak cuma itu. Rekam jejak penjualannya pun cukup membuat pecinta SUV dunia terpesona. Seperti dilaporkan laman Carsales Base, Auto Times News, dan China People Daily, belum lama ini, data dari China Automobile Manufacturer Association (CAMA) menunjukkan selama Januari tahun ini mobil itu telah terjual 6.018 unit di pasar lokal Negeri Tirai Bambu.

Interior bagian depan khususnya kokpit Wey Tank 300 – dok.FormaCar

Wey Tank 300 – yang pertama kali diperkenalkan di hajatan Chengdu Auto Show 2020, pada bulan Mei tahun itu – menggunakan platform khusus yang disebut GWM sebagai Tank. Dia dibekali mesin bensin 2.0 liter yang diimbuhi turbocharger.

Semburan tenaganya mencapai 227 hp dengan torsi 387 Nm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi otomotis delapan tingkat percepatan.

SUV yang berdimensi panjang 4.760 milimeter (mm), lebar 1.930mm, tinggi 1.903mm, dengan jarak sumbu roda 2.750mm ini diklaim mampu berakselerasi dari posisi diam ke kecepatan 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 10 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 170 kpj.

Tampilan bagian belakang Wey Tank 300 – dokIstimewa via Cars and Coffe

Kemiripan SUV berpenggerak empat roda ini dengan Ford Bronco terlihat dari sejumlah bagian mulai dari desain headlamp dan stoplamp. Kemudian desain grill yang berbentuk horizontal dengan tiga bilah.

Selain itu bonnet alias kap mesin hingga fender atau lengkungan di atas roda. Begitu pun dengan ukuran pelek dan ban yang digunakan. Gaya garis atap pun juga mirip-mirip kendati tak 100%.

Ford Bronco versi baru – dok.FoxNews

Wey Motors menyebut SUV yang diproduksi di pabrik GWM di Tianjin itu juga ditujukan untuk pasar global. Selain berpenggerak empat roda, Wey juga memberinya fitur tiga diferential locks. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This