Cerita di Balik Nongolnya Daihatsu Rocky di Daftar Diskon PPnBM

Dihatsu Rocky versi baru varian warna merah saat di pajang di hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris


Jakarta, Motoris – Meski hingga kini belum ada di pasaran – karena memang diluncurkan – namun nama Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize – berada di antara mobil yang mendapatkan fasilitas diskon atau pemangkasan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) seperti yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 2021.

Soal penetapan Rocky sebagai salah satu mobil yang berhak atas fasilitas pemangkasan (diskon) PPnBM ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mempunyai alasan tersendiri.

Seperti diungkap Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, pemerintah mengumumkan daftar mobil penerima relaksasi pajak ini hanya sekali saja yaitu pada 26 Februari 2021.

Sementara- seperti ditetapkan peraturan yang mendasarinya yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20/PMK.010/2021, kebijakan ini berlaku 1 Maret hingga 31 Desember 2021.

Daihatsu Rocky di Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

“Mengingat program relaksasi ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka PT. Astra Daihatsu Motor memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky,” papar Amelia Tjandra dalam keterangan resmi yang dirilis di Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Amelia mengklaim, meski Daihatsu Rocky saat ini belum, namun Daihatsu percaya produk bahwa mobil itu layak untuk mendapatkan relaksasi pajak (pemangkasan tarif PPNBM yang dibuat secara bertahap dengan besaran yang berbeda, yakni Maret – Mei 0%, Juni – Agustus 50%, dan September – Desember 25%). Lantaran itu pula, lanjut Amelia, mobil itu akan diluncurkan pada periode program.

Dengan kata lain, Daihatsu Rocky akan diluncurkan di Indonesia pada tahun ini. Meski jadwal tepatnya hingga kini belum ditetapkan, dan hanya disebut di rentang waktu berlakunya kebijakan relaksasi PPnBM yakni Maret hingga Desember nanti.

Seperti diketahui beleid yang mendasari kebijakan relaksasi PPnBM, yakni PMK Nomor 20/PMK.010/2021 menetapkan syarat mobil yang berhak mendapatkan insentif potongan PPNBM yang ditanggung pemerintah itu adalah, mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah.

SUV Daihatsu Rocky versi terbaru yang merupakan kembaran Toyota Raize diluncurkan di hajatan Tokyo Motor Show 2019 – dok.Motoris

Mereka meliputi mobil jenis Sedan, berpenggerak 4×2, dan Station Wagon dengan kapasitas penumpang dibawah 10 orang. Selain itu memiliki local purchase minimal 70%.

Amelia tak menyebut berapa tingkat kandungan lokal dan mesin Daihatsu Rocky. Meski, di Keputusan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 169 Tahun 2021 disebutkan memiliki kandungan lokal atau local purchase 70%.

Dia hadir bersama Toyota Raize yang di dalam Keputusan Menteri bertandatangan Agus Gumiwang Kartasasmita itu disebutkan secara tegas di produksi oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Tampilan belakang Daihatsu Rocky versi anyar – dok.Motoris

Rocky dan Raize tercatat produk global yang pertama kali diperkenalkan di hajatan Tokyo Motor Show 2019, dan mulai dijajakan di pasar Jepang pada November tahun itu juga.

Episode baru balada mobil kembar
Lantas bagaimana kiprah keduanya? Ternyata rekam jejak penjualan keduanya memperlihatkan nasib Rocky tak ubahnya Daihatsu Terios di Indonesia terhadap Toyota Rush. Volume penjualanya di bawah saudaranya itu.

Data yang dihimpun Japan Automobile Manufactures Association (JAMA) dan Japan Automobile Dealer Associaton (JADA) yang dilansir The Best Selling Cars belum lama ini menujukkan, sepanjang sepanjang semester pertama tahun 2020, total penjualan Toyota Raize di Jepang mencapai 58.942 unit. Sedangkan – di periode yang sama – penjualan Daihatsu Rocky tercatat sebanyak 17.455 unit.

Toyota Raize di Jepang – dok.JapaneseVehicles.com

Sementara sepanjang Januari tahun ini, data dari lembaga yang sama memperlihatkan, Toyota Raize terjual sebanyak 6.985 unit di Jepang. Dia berada di urutan tujuh dari 50 mobil (di luar kei car) yang dijajakan di pasar negeri itu.

Adapun Daihatsu Rocky di bulan pertama 2021 itu hanya mengantongi penjualan sebanyak 2.117 unit dan di urutan ke-28 dari 50 mobil (non kei car) di pasar.

Cerita sama persis dengan cerita penjualan Toyota Rush dengan Daihatsu Terios, atau antara Toyota Avanza dengan Daihatsu Xenia.

Toyota Raize – dok.Istimewa

Lantas, jika keduanya sama-sama telah diluncurkan di Tanah Air akankah episode baru balada mobil kembar muncul lagi?. (Fan/Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This