10 Mobil Terlaris di Asean 2020, Hilux Kesatu dan Xpander Ketujuh

Toyota New Hilux – dok,Istimewa


Jakarta, Motoris
– Sepanjang tahun 2020 lalu, penjualan mobil – penumpang maupun kendaraan komersial ringan – di kawasan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Asean) merosot dibanding tahun sebelumnya akibat terjangan dampak pandemi Covid-19.

Penjualan di tahun tersebut ambrol hingga 29%, dan merupakan kemerosotan yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Seperti dilaporkan Nikkei, belum lama ini, total penjualan di enam negara dengan penjualan mobil terbanyak di kawasan – yakni Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Singapura – hanya 2,44 juta unit.

Jauh merosot dibanding tahun sebelumnya, karena akibat pandemi Covid-19 total penjualan pada April ambrol hingga 80% menyusul diberlakukannya penguncian wilayah (lockdown) di sejumlah negara.

Ilustrasi proses produksi pikap medium Isuzu D-Max di Thailand – dok.Nikkei Asian Review

Meski di semester kedua mulai berangsur membaik, namun volume penjualannya tak sebanyak di bulan-bulan sebelum pandemi menerpa. Bahkan di bulan Desember saja, total penjualannya hanya sebanyak 312.000 unit, menciut 0,2% dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya.

Tetapi yang menarik untuk dicermati adalah, hasil riset laman Focus2Move dan data yang dihimpun Asean Automotive Federation belum lama ini. Disebutkan – di data tersebut- sepanjang tahun 2020 itu ada 10 mobil terlaris di kawasan regional.

Di urutan pertama atau kesatu terdapat Toyota Hilux yang terjual sebanyak 171.999 unit. Pikap medium yang diproduksi di Thailand ini penjualannya merosot 16,3%) dibanding tahun sebelumnya.

Berada di posisi kedua bertengger Isuzu D-Max. Pikap medium besutan Isuzu Motor itu berhasil membukukan penjualan sebanyak 147.591 unit. Jumlah ini menciut 5,4%.

Ilustrasi sedan Toyota Vios – dok.Istimewa

Pada posisi ketiga ditempati Toyota Vios yang terjual 83.222 unit ( menurun 10.2%). Kemudian di urutan keempat terdapat Perodua Myvi yang laku 82.341 unit.

Berikutnya di tempat kelima, didiami Honda City yang mencatatkan penjualan 68.639 unit. Keenam dikapling Perodua Axia setelah membukukan penjualan sebanyak 67.267 unit.

Sementara, Mitsubishi Xpander yang berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 66.639 unit bercokol di urutan ketujuh. Dia disusul Ford Ranger di posisi kedelapan dengan penjualan 63.448 unit.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Cross – dok.Istimewa

Lalu Honda HR-V di urutan kesembilan dengan penjualan 52.165 unit. Adapun di posisi ke-10 atau pamungkas terdapat Toyota Fortuner yang terjual sebanyak 47.880 unit. (Die/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This