Gebuk Yamaha MT-09 Cs, Ducati Monster Anyar Meluncur di Asia Akhir Tahun Ini

Ducati Monster 2021-dok.Istimewa via New Atlas

Bologna, Motoris – Pabrikan motor kondang Italia – Ducati – telah mengumumkan kehadiran versi terbaru Ducati Monster atau Ducati Monster 2021. Meski belum menyebutkan jadwal peluncurannya, namun yang di[roduksi di Borgo Panigale itu mulai disebar di wilayah Eropa pada April nanti.

Pernyataan pabrikan yang dilansir laman El Carro Columbiano, Senin (8/3/2021) menyebut Ducati Monster versi paling gres itu telah masuk ke jalur produksi di bulan Maret ini. Motor ini mengusung mesin 937cc L-twin Testastretta.

Mesin ini sama dengan yang digunakan Ducati Hypermotard 950, Multistrada 950 dan Supersport 950. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 112 PS dengan torsi maksimum 93 Nm.

Tampilan depan Ducati Monster 2021-dok.Istimewa via El-Carro Columbiano

Dibanding versi sebelumnya, versi anyar ini lebih ringan 2,6 kilogram . Sehingga, bobot bersih – atau tangki bahan bakar dalam kondisi kosong – hanya 166 kilogram.

Ubahan lain yang cukup signifikan adalah, ketinggian jok dari permukaan lintasan atau tanah yang lebih rendah dibanding versi lawas. Jika sebelumnya 820 milimeter (mm), versi baru ini hanya 775 mm.

Ducati mengaku memberinya fitur tiga mode berkendara yakni mode Sport, Urban dan Touring. Fitur lain yang tak kalah penting adalah TFT 4,3 inci serta Ducati Multimedia System (DMS).

Dengan ketinggian jok yang berkurang atau lebih rendah itu, Ducati Monstyer terbaru ini semakin cocok dengan konsumen di Asia. Kendari belum disebutkan secara resmi, laman Economic Times India memperkirakan peluncuran di Asia – khususnya India – akan terjadi pada akhir 2021.

Tampilan samping Ducati Monster 2021-dok.Isimewa

Ducati disebut sangat berharap bisa menggenjot penjualannya di Asia melalui Monster terbaru itu. Maklum, model Ducati ini merupakan model yang paling banyak terjual di antara model-model yang ada, sehingga daya penetrasinya di berbagai negara lebih tinggi.

Hingga tahun lalu, penjualan motor yang menjadi pesaing Kawasaki Z900, Yamaha MT-09, Triumph Street Triple R dan BMW F900R – ini telah mencapai 350.000 unit di seluruh dunia. Jumlah itu terbanyak dibukukan di Eropa, Amerika, serta Asia. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This