Ini Mobil Terlaris di Dunia Selama Januari: Corolla, RAV4, dan Honda CR-V

Ilustrasi, Toyota Corolla 2020 – dok.Motor1


Shanghai, Motoris – Hasil riset yang dilakukan oleh lembaga konsultan dan penelitian padar otomotif asal Shanghai, Cina – LMC Automotive Limited – sepanjang Januari tahun ini, total penjualan mobil di dunia sebanyak 8,33 juta unit. Jumlah ini naik 2,3% dibanding penjualan sepanjang bulan yang sama tahun 2020.

“Penjualan ini membuktikan sektor otomotif masih terus berdenyut, terbukti penjualan (di bulan Januari) masih lebih tinggi (dibanding Januari 2020), meski wabah virus corona marak menjangkiti pasar utama dan meredam penjualan di sejumlah wilayah,” bunyi keterangan lembaga itu seperti dilansir laman resmi Lmc-auto, belum lama ini.

Riset ini dilakukan di 135 negara di dunia, dengan melihat data penjualan yang dibukukan oleh 150 lebih grup penjualan (grup agen pemegang merek maupun pemilik merek) mobil di dunia. Angka yang disuguhkan LMC Automotive ini hampir sama dengan data yang dihimpun Market Watch.

Ilustrasi, lalu-lintas di kota Beijing, Cina – dok.China Dialogue

Seperti dilansir situs resmi miliknya – Market watch – pada pekan kedua Februari lalu, Market Watch menyatakan kenaikan penjualan yang signifikan di bulan pertama tahun 2021 itu terjadi di Cina. Total penjualan ritel – mobil penumpang – di Negeri Tirai Bambu itu mencapai 2,16 juta unit atau melonjak 25,7% dibanding Januari 2020.

“Pertumbuhan penjualan di bulan Januari ini bahkan tercatat yang tertinggi sejak September 2016,” bunyi penjelasan China Passenger Car Association (CPCA) seperti dikutip situs itu.

Namun, yang menarik adalah, mobil-mobil yang membukukan penjualan terbanyak selama bulan perdana tersebut. Ternyata tak banyak mengalami perubahan, khususnya di posisi juara dan runner up.

Lalu-lintas di kota Tokyo, Jepang – dok.Istimewa via Inside The Games

10 mobil terlaris
Laman Focus2Move, belum lama ini menyajikan hasil riset terkait mobil terlaris di dunia selama bulan kesatu itu. Toyota Corolla tercatat sebagai mobil yang bercokol di urutan pertama dengan total penjualan sebanyak 102.983 unit atau naik 5,9% dibanding penjualan selama bulan yang sama tahun lalu.

Dia disusul Toyota RAV4 – yang bertengger di posisi kedua – dengan total penjualan sebanyak 80.099 unit. Meski, jumlah penjualan yang berhasil dipatri SUV besutan Toyota itu ambles 13,8% dibanding penjualan pada Januari 2020.

Bersemayam di urutan ketiga, Honda CR-V yang terjual sebanyak 61.799 unit atau merosot 1,8%. Kemudian Toyota Yaris berada di urutan keempat setelah laku terjual 50.361 unit atau melonjak hingga 56,5% dibanding penjualan pada Januari 2020.

Ilustrasi, Toyota RAV4 versi terbaru – dok.Carscoops

Toyota Camry yang mencatatkan penjualan sebanyak 48,647 unit ( atau merosot 9% year on year) nangkring di posisi kelima. Dia disusul Honda Civic yang berdiam diri di posisi keenam setelah mencatatkan penjualan sebanyak 46.836 unit (atau ambrol 10,9%).

Berada di urutan ketujuh Volkswagen Tiguan setelah laku 40.077 unit. Di belakangnya ada Nissan Sylphy yang mengantongi angka penjualan 39.900 ( naik 6%).

Hyundai Tucson menempati urutan kesembilan setelah mengoleksi jumlah penjualan 39.666 unit (anik 10.4%).

Honda-CR-V-facelift-yang-diluncurkan-di-Malaysia-pada-November-2020-dok.Istimewa-via-Paultan.org

Sedangkan Volkswagen Lavida mangkal di posisi kesepuluh setelah terjual 38.086 unit atau naik 6% dibanding penjualan selama Januari 2020. (Fan/Mus/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This