Penjualan Xenia di Januari – Februari Tahun Ini Kian Mengenaskan

Ilustrasi, Daihatsu Xenia model terbaru – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang dua bulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga Februari lalu, dari total penjualan Low MPV ke konsumen (ritel) di Indonesia – yang dicatatkan oleh tujuh mobil yang bermain di segmen pasar itu – Daihatsu Xenia hanya bertengger di posisi keempat dengan jumlah 1.183 unit.

Data yang dihimpun Motoris dari laporan penjualan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, kinerja penjualan ritel Low MPV yang dijajakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ini tak hanya beda jauh dengan kembarannya (Toyota Avanza) tetapi juga terus jeblos dari tahun ke tahun. Sebab, di saat yang sama – yakni di Januari hingga Februari 2021 itu – total penjualan ritel yang dibukukan oleh Avanza mencapai 4.332 unit.

Jumlah ini berasal dari penjualan selama Januari 2.828 unit dan Februari 1.504 unit. Sedangkan Xenia yang mengantongi angka penjualan ritel sebanyak 1.183 unit, membukukannya di Januari sebanyak 654 unit dan Februari 529 unit.

Penjualan Daihatsu Xenia tak cuma tertinggal jauh oleh kembarannya, Toyota Avanza, tetapi juga terus merosot dari tahun ke tahun -dok.Toyota

Meski di dua bulan pertama tahun ini Xenia masih bertengger di urutan keempat – sama seperti di tahun 2020 lalu – namun, dari jumlah penjualannya masih tertinggal jauh oleh Mitsubishi Xpander dan bahkan Nissan Livina. Karena masing-masing berhasil mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 3.267 unit dan 2.064 unit.

Bahkan, jika dibanding dengan kinerja penjualan di tahun-tahun sebelumnya, ternyata penjualan Xenia di tahun ini semakin ambles. Fakta data berbicara, di dua bulan pertama tahun 2020 lalu, Xenia masih sanggup meraup jumlah penjualan ritel sebanyak 3.404 unit.

Kala itu, dia masih menyumbang 12,1% ke total penjualan mobil Daihatsu di Tanah Air. Tetapi jumlah ini pun ternyata juga sudah jeblos dibanding yang dicatatkannya pada Januari – Februari 2019 yang masih mencapai 4.745 unit atau 15,1% dari total penjualan Daihatsu.

Di dua bulan pertama tahun ini atau dari Januari hingga Februari, penjualan All New Nissan Livina mengasapi Daihatsu Xenia -dokMotoris

Sedangkan dalam penjualan ke diler (wholesales), di sepanjang tahun 2018, Xenia masih mampu mengumpulkan angka sebanyak 29.521 unit. Dia bertengger di urutan keempat setelah Avanza yang menjual sebanyak 82.167 unit, Mitsubishi Xpander 75.075 unit, dan Suzuki Ertiga 32.592 unit, tetapi masih mengungguli Honda Mobilio yang terkirim ke diler hanya sebanyak 23.778 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This