Penjualan Ritel di Januari-Februari: Mitsubishi Fuso Naik, Hino Menciut

Pasar kendaraan komersial akan menggeliat tahun ini, sekaligus jadi penopang penjualan. (OtomotifMagz.com)


Jakarta, Motoris – Sepanjang dua bulan pertama tahun 2021 ini, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di Indonesia masih berada di tren penurunan, termasuk penjualan unit dari diler ke konsumen (ritel). Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan kendaraan ke konsumen (ritel) sepanjang Februari hanya sebanyak 46.943 unit, turun 15% dibanding Januari yang mencapai 53.996 unit.

Namun, tak semua merek dan jenis kendaraan membukukan amblesnya penjualan. Itu terjadi di segmen kendaraan penumpang (mobil) maupun kendaraan komersial (truk dan bus).

Mitsubishi Fuso adalah salah satu contohnya. Sepanjang Januari hingga Februari tahun ini total penjualan truk merek penguasa pasar truk Indonesia ini (berbagai kategori dan jenis truk) ke diler (wholesales) tercatat sebanyak 5.023 unit. Jumlah ini dibukukan pada Januari sebanyak 2.343 unit dan Februari 2.680 unit.

Sedangkan penjualannya ke konsumen (ritel) mencapai 4.503 unit.Angka tersebut dikoleksi dari penjualan ritel selama Januari yang sebanyak 2.163 unit, dan dari penjualan bulan Februari yang sebanyak 2.340 unit.

Ilustrasi, Truk Medium Mitsubishi Fuso 6×2 – dok.Motoris

Tetapi, kinerja penjualan (khususnya ritel) yang berbeda, ditorehkan Hino. Pada kurun waktu yang sama, wholesales yang berhasil dibukukan Hino sebanyak 2.678 unit. Angka ini dikantongi dari penjualan selama Januari yang sebanyak 1.235 unit, dan Februari 1.443 unit.

Sementara, penjualan ritel yang berhasil dikoleksi pada periode itu, tercatat sebanyak 2.675 unit. Jumlah sebanyak ini dikoleksi Hino dari penjualan selama Januari yang sebanyak 1.352 unit, dan Februari 1.323 unit .

Artinya, fakta data telah memperlihatkan, bahwa kinerja penjualan Fuso – baik wholesales maupun ritel – meningkat dari Januari ke Februari. Tetapi, Hino hanya mencatatkan kenaikan di wholesales, dan menciut di penjualan ritel.

Truk terbaru Hino Ranger FG 235 JU – dok.Istimewa

Soal jumlah total, bisa dilihat sangat jauh timpang, dimana Fuso jauh lebih banyak. Namun, ini bisa dimaklumi, karena dari segi portofolio produk atau jumlah varian model yang ditawarkan masing-masing berbeda juga berbeda.

Sebelumnya, data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ritel yang dilaporkan ke Gaikindo menunjukkan, sepanjang empat bulan pertama – atau dari Januari hingga April- tahun 2020 lalu, total penjualan ritel yang berhasil dicatatkan keduanya juga ambles dibanding penjualan selama periode sama tahun sebelumnya. Saat itu penjualan ritel truk Mitsubishi Fuso tercatat merosot 28%, sehingga menjadi 9.628 unit.

Adapun penjualan ritel Hino di kurun waktu yang sama ambrol hingga 49% dibanding penjualan ritel yang dikantongi selama periode yang sama tahun 2019. Totalnya, hanya 5.363 unit.

Ilustrasi, salah satu Dump Truck Hino – dok.HMSI

Dengan total penjualan sebanyak itu, Mitsubishi Fuso masih mencomot pangsa sebesar 4%, dari total penjualan ritel kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang kala itu mencapai 243.634 unit. Sedangkan Hino hanya berhasil mencuil pangsa pasar 2,2%. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This