Honda Lead 125: Skutik Anyar Honda di Thailand, Punya Banyak Fitur Keren

Honda Lead 125 – dok.AP Honda


Bangkok, Motoris – Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021 menjadi ajang bagi pabrikan sepeda motor Honda – melalui agen pemegang mereknya di Thailand, yakni AP Motor – untuk unjuk keunggulan produk terbaru. Salah satunya, skutik anyar Honda Lead 125.

Seperti dilaporkan laman Motorival dan Siam Auto, Kamis (25/3/2021), motor ini nongol di arena BIMS setelah sehari sebelumnya diluncurkan. Skutik yang berbasis Honda Vario 125 versi terbaru itu, menyuguhkan sederet fitur unggulan selain ciamiknya tampilan.

Lampu utama LED yang dengan tiga reflektor plus lampu sein dan DRL di bawahnya, secara keseluruhan – di tameng motor itu – membentuk pola seperti huruf V. Tampilan ini terlihat manis, terlebih dengan tameng maupun dek yang memiliki desian khas dengan sudut-sudut lancip.

Bagasi Honda Lead 125 bisa untuk menyimpan dua helm sekaligus – dok.AP Honda

Aspek ruang penyimpanan, sepertinya juga menjadi fokus Honda. Terbukti, pabrikan menempatkan tutup tangki bahan bakar (kapasitas isi tangki 6 liter) di dek bagian depan, sehingga menjadikan bagasi memiliki kapasitas atau daya tampung yang besar.

Keterangan resmi AP Honda Thailand menyebut kapasitas bagasi – yang berbentuk U-Box – itu mencapai 37 liter. Bahkan, mampu menampung dua helm half face dengan leluasa, karena masih ada ruang yang tersisa.

Skutik yang mengusung mesin eSP PGM-FI 125cc – dengan semburan tenaga hingga 10,6 hp pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 11,4 Nm pada 5.000 rpm – ini memiliki panel instrumen spidometer yang menarik. Honda memadukan antara teknologi analog dengan LCD meter.

Honda Lead 125 dilengkapi colokan pengecasan ponsel yang berada di balik tameng -dok.AP Honda via Motorival

Menariknya, pabrikan berlambang sayap mengepak tersebut juga melengkapinya dengan colokan pengecasan ponsel yang ditempatkan pada bagian belakang dari tameng. Dengan begitu, pengguna motor ini tak perlu khawatir ketika baterai ponselnya mulai menipis di tengah perjalanan.

Pabrikan asal Jepang itu memberinya perangkat pengeremen berupa cakram baik di roda depan dan belakang plus fitur CBS. Untuk sistem suspensi, roda depan diberi garpu teleskopik, dan untuk roda depan digunakan swing arm atau lengan ayun.

Skutik yang memiliki ketinggian jok (dari tanah) 790 milimeter ini diberi ban berukuran 90/90 di roda depan dan 100/90 di belakang. Ukuran ban ini terlihat proporsional dengan dimensi ukuran bodi skutik, sehingga membuat tampilannya ideal.

Gantungan barang bawaan di Honda Lead 125 lebih aman – dok.AP Honda via Motorival

Honda menyebut, dalam mode berkendara normal, konsumsi bahan bakarnya hanya 2,02 liter untuk menempuh jarak 100 kilometer. Untuk harga, Honda di Negeri Gajah Putih itu membanderolnya 55.500 baht atau sekitar Rp 25,509 juta (kurs 1 baht = Rp 463,81). (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This