Cegah Celaka, Nissan Kembangkan Teknologi Bantuan Pengemudi Lanjut Usia

Ilustrasi, logo Nissan – dok.Wallpaper Cave


Yokohama, Motoris – Nissan Motor Company (Nissan) baru-baru ini berkolaborasi dengan Niigata University, Kitasato University, dan Sagami Women’s University untuk mendirikan Traffic Future Creation Lab di Jepang. Tujuannya untuk mempelajari-pola mengemudi semua orang – khususnya orang-orang lanjut usia (lansia) – demi mencegah kecelakaan.

Seperti dilaporkan laman Response dan Life Portal, belum lama ini, penelitian itu didasar fakta selama ini masih banyak masyarakat lanjut usia yang menyetir mobil, meski tak sedikit anjuran agar mereka berhenti menyetir dan menyewa mobil dan pengemudi untuk bepergian. Namun, faktanya, tak semua lansia sanggup membayar kemewahan seperti itu dengan berbagai alasan, terutama biaya yang tak kecil.

Laboratorium akan mempelajari kesalahan mengemudi para lansia, khususnya yang terkait dengan penurunan kognitif dan fisik mereka. Penelitian juga akan memperhitungkan berbagai faktor seperti gaya hidup, budaya, dan keterkaitan dengan masyarakat lokal yang menjadi penyebab penurunan tersebut.

Uji teknologi keamanan berkendara Nissan – dok.Istimewa via Response

Dengan penelitian tersebut Nissan dapat membuat para mengemudi lebih aman bagi para lansia. “Karena kemitraan dengan universitas lokal, ada banyak peneliti dari berbagai bidang keilmuan yang ikut ambil bagian, termasuk spesialis di bidang teknik biomedis, kesehatan medis, sosiologi, dan desain sosial,” bunyi keterangan proyek kolaborasi tersebut.

Menariknya, peneliti tidak hanya melakukan warga lanjut usia saja, tetapi juga anak-anak, remaja, orang dewasa, orang asing, dan bahkan orang-orang dengan kecemasan. Sebab, hasil pengujian dan teknologi yang dihasilkan, nantinya berguna untuk semua kelompok masyarakat dan kelompok umur.

Para peserta uji menjalani berbagai pengujian dengan sejumlah perangkat mulai dari penggunaan simulator mengemudi hingga tes mengemudi yang sebenarnya. Salah satu tesnya berfokus pada analisis tatapan mata dan analisis reaksi warna yang dipadukan dengan fungsi fisik lansia saat mengemudikan kendaraan.

Ilustrasi, Nissan Motor Company – dok. Reuters via BusinessLive

Dengan hasil tersebut, Nissan akan mengembangkan dan menciptakan solusi keselamatan baru yang memungkinkan pengemudi senior mengemudi lebih lama dan lebih aman. Hanya, belum disebutkan seperti apa wujud dan nama teknologi anyar yang bakal dihasilkan nanti. (Fat/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This