Di Filipina, GR Yaris Dibanderol Lebih Murah Ketimbang di Thailand dan Malaysia

Toyota GR Yaris-dok.Istimewa via Autoindustriya


Manila, Motoris – Setelah memastikan kehadiran hot hatch Toyota GR Yaris di Filipina, Toyota Motor Philippines (TMP) kini menyebutkan harga dari mobil tersebut, yakni 2,65 juta peso atau sekitar Rp 790, 39 juta (kurs 1 peso = Rp 298,26). Dengan demikian, harga tersebut lebih murah ketimbang yang dipatok oleh Toyota di Thailand dan Malaysia.

Seperti dilaporkan laman Autoindustriya, Senin (29/3/2021), di Thailand mobil itu dibanderol 2,69 juta baht atau sekitar Rp 1,24 miliar (kurs 1 baht = Rp 462,21). Sementara di Malaysia, dihargai RM 299.000 atau sekitar Rp 1,04 miliar (kurs RM 1 = Rp 3.480).

“Besaran harga ini menjadikan Yaris GR spesifikasi Filipina salah satu yang paling terjangkau di Asia Tenggara,” tulis media itu mengutip sumber internal di TMP.

Hanya, Toyota di negeri itu belum memastikan kapan GR Yaris itu tiba. Toyota hanya menyatakan segera merilis daftar diler yang akan menerima pemesanan mobil itu melalui situs resmi GR Yaris.

Mesin Toyota GR Yaris-dok.Istimewa via Autoindustriya

Tetapi, tak hanya jadwal peluncuran yang belum pasti, spesifikasi mobil pun ternyata juga belum diungkapkan. Meski, secara umum diketahui – GR Yaris yang ditawarkan di pasar global – mengusung mesin 1,6 liter tiga silinder yang diimbuhi turbocharged. Mesin itu diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 272 PS dengan torsi 360 Nm.

Semburan tenaga dikirim ke keempat roda menggunakan gearbox manual enam tingkat percepatan. Mobil yang dirancang dengan mengadopsi desian dan spesifikasi mobil untuk World Rally Championship (WRC) itu dilengkapi velg 18 inci, rem cakram berukuran lebih besar, dan lain-lain.

Di pasar dunia dia berhadapan dengan Honda Civic Type R, kendati jika dibandingkan, semburan Toyota GR Yaris ini memiliki tenaga yang lebih besar sedikit. Sistem penggerak semua roda membuatnya semakin menarik.

Sementara itu di Indonesia, pemesanan mobil ini telah dibuka mulai 25 Maret lalu. Banderol yang ditetapkan masih berupa kisaran.

Tampilan belakang Toyota GR Yaris-dok.Istimewa via Autoindustriya

Saat diskusi virtual yang digelar di Jakarta, Selasa (23/3/2021), Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menyebut kisaran harga untuk mobil itu Rp 750 juta hingga Rp 850 juta. “Kita tetapkan rentang harga yang cukup lebar ini dikarenakan perhitungan ada beberapa faktor yang ke,ungkinan sangat berpengaruh terjadinya perubahan harga. Misalnya, biaya logistik, suku bunga, dan lain sebagainya,” kata dia.

Proses peluncuran mobil itu, kata Anton, direncanakan baru digelar pada paruh kedua tahun ini. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This