Harga Suzuki Bekas Tergerus Citra Merek

Harga Suzuki Bekas Tergerus Citra Merek

Jakarta, Motoris – Harga sepeda motor Suzuki bekas terjun bebas, menyusul rendahnya volume penjualan dan buruknya citra merek (brand awareness). Para petinggi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyadari hal ini, sehingga akan habis-habisan membangun kembali citra merek tahun depan.

Dari penelusuran Motoris, harga motor Suzuki bekas berantakan. Contohnya, harga Suzuki GSX-R150 bulan April-Mei 2017 kini sudah di bawah Rp 20 juta, sedangkan saudaranya GSX-S150 bulan April-Mei 2017 di bawah Rp 16 juta. Padahal, harga barunya masing-masing Rp 28,9 juta dan Rp 24,4 juta, naik dari posisi awal Rp 27,9 juta dan Rp 23,9 juta. Jika merujuk harga lama, harga GSX 150 Series bekas rata-rata turun Rp 1 juta per bulan.

“Sebagian pedagang memang ada yang memasang harga tinggi. Namun, saya yakin tidak akan direspons pembeli,” ujar Wahyu, pedagang motor bekas di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Harga GSX Series di bursa lelang juga sangat rendah. Contohnya, JBA, membuka harga dasar GSX-S150 Rp 15 juta. Ini menjadi salah satu faktor pemicu anjloknya harga GSX 150 Series.

Wahyu heran harga motor Suzuki bekas bisa melorot. Padahal, penampilan dan performa mesin tidak kalah dengan para rival. Bahkan, khusus untu GSX 150 Series, tenaganya merupakan yang terbesar di kelasnya, membantai Yamaha R15 dan Honda CBR150.

Sumber Motoris di SIS mengakui, harga Suzuki bekas memang amburadul. Pemicunya adalah brand awareness yang buruk. Itu sebabnya, SIS, kata dia, akan mati-matian mengangkat citra Suzuki di Indonesia. Salah satu caranya dengan membuat sebanyak mungkin kegiatan yang meliibatkan komunitas, seperti Suzuki Bike Meet (SBM). Melalui SBM, SIS berniat menanamkan citra merek Suzuki di kalangan anak muda.

“Melalui acara seperti ini, orang akan sadar Suzuki masih eksis, lalu melihat produk Suzuki sekarang apa saja, seperti GSX. Ini bagus untuk meningkatkan merek,” tegas dia.

Setelah melihat GSX Series, dia menuturkan, orang akan tertarik untuk menjajal. Ketika telah merasakan sensasi mengendarai GSX Series, besar kemungkinan orang itu akan membelinya.  “Kalau tidak naik dulu, orang ragu membeli Suzuki. Orang tua juga kami sasar, karena keputusan membeli ada di tangan mereka,” papar dia. (gbr)

CATEGORIES
TAGS
Share This