Resmi Diluncurkan, Kia EV6 Dibanderol Mulai Rp 450 Jutaan

Kia EV6 Tipe GT-dok.Istimewa

Seoul, Motoris – Kia Motors Corporation (Kia), Selasa (30/3/2021) kemarin meluncurkan secara resmi mobil listrik murni (BEV) pertamanya – yakni EV6 – di Korea Selatan. Mobil yang dibanderol mulai 25 juta won atau sekitar Rp 449,4 juta (kurs 1 won = Rp 12,84) itu ditawarkan dalam empat varian model.

Seperti dilaporkan laman Business Korea, Rabu (31/3/2021), empat varian model itu didasarkan kemampuan baterai dalam menyokong daya jelajah mobil. Mereka meliputi varian standar, jarak jauh, GT-Line, serta GT.

“Berdasar pengujian dengan standar Worldwide Harmonized Light Vehicle Test Procedure (WLTP) mobil – tipe tertinggi – mampu menempuh jarak sejauh 510 kilometer dalam sekali isi baterai sekali isi daya baterai,” bunyi keterangan pabrikan.

Kia EV6 menggunakan basis platform khusus kendaraan listrik yang dikembangkan Hyundai Motor Group yakni platform E-GMP. Maklum, Kia merupakan bagian dari Hyundai Group.

Interior Kia EV6 – dok.Istimewa

Sementara, laman The Korea Journal menyebut konsumen mendaoatkan pilihan baterai yakni 77,4 kWh (untuk tipe yakni GT dan GT-Line) dan 58 kWh untuk tipe standar. Untuk baterai dengan kapasitas terbesar, jika terisi penuh akan mampu menyokong mobil menempuh jarak hingga 510 kilometer.

Dua tipe GT dan GT Line itu juga dibekali dua motor listrik mampu memiliki semburan tenaga hingga 585 hp. Dengan tenaga sebesar itu, tipe ini mampu berakselerasi dari 0 – 100 kilometer per jam (kpj) hanya dalam tempo 3,5detik.

Tipe ini juga mendapatkan fitur diferensial selip terbatas elektronik untuk membantu mengelola daya itu secara efektif. Performa tipe EV6 GT ini dapat bersaing dengan Porsche Taycan.

Interior bagian depan Kia EV6-dok.Istimewa

Bagiani interior Kia EV6 menyuguhkan kesan simpel namun beteknologi tinggi. Dashboard-nya cukup rapi, kecuali untuk layar infotainment dan layar fitur bantuan pengemudi yang besar, 12 inci. Roda kemudi dengan satu palang membuat kesan yang ringkas dan bersih menguat.

Namun, untuk pengoperasi audio dan kontrol jelajahmobil ini masih menggunakan tombol. Joknya dibalut kain yang terbuat dari plastik daur ulang, yang satu lembar untuk satu jok setara dengan 111 botol plastik.

Tampilan belakang Kia EV6-dok.Istimewa

Kia mulai membuka pemesanan pada bulan Mei nanti. Sedangkan pengiriman unit pesanan ke pembeli akan dilakukan mulai Oktober nanti. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This