Bakal Digantikan Hyundai Staria, Begini Penjualan H-1 di RI Saat Ini

Hyundai H-1 Royale Special Edition disuguhkan Hyundai Indonesia di GIIAS 2019 – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Hyundai Staria – yang disebut sebagai versi anyar alias penerus Hyundai Starex (Hyundai H-1) – dikabarkan bakal meluncur ke pasar pada 25 Maret nanti. Setelah Hyundai Motor Company (Hyundai) mengumbar sejumlah foto-foto sosoknya, bocoran tentang jatidiri MPV itu juga mulai terkuak.

Seperti dilaporkan laman Autospy, belum lama ini, Staria bakal disajikan dalam dua varian yakni standar dan varian tertinggi atau mewah yang dikenal sebagai Staria Lounge. Varian standar memiliki sejumlah trim dengan kapasitas penumpang 9 hingga 11 kursi.

Selain itu ada versi kargo yang memiliki kapasitas penumpang 3 hingga 5 orang. Dengan kata lain, positioning – secara fungsional – Staria ini tak beda dengan Hyundai H-1 atau Starex yang ada saat ini.

“Tentunya, kami akan memenuhi beragam kebutuhan pelanggan kami,” ujar Head of Hyundai Design Center, Lee Sang-yeop.

Hyundai Staria-dok.Hyundai

Menariknya, mobil ini juga menjadi produk global yang bakal merangsek ke berbagai negara. Tak menutup kemungkinan Indonesia.

Dugaan itu mencuat setelah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) mobil itu muncul di situs resmi Samsat DKI Jakarta tahun 2021. Pada situs ini disebutkan Hyundai Staria – dengan nama kode 2.2 2WD 8AT – memiliki rentang harga Rp395 juta hingga Rp 420 juta (namun yang perlu diingat, ini belum ternmasuk pajak dan lain-lain).

Hanya, masih belum ada informasi apapun terkait kemungkinan meluncurkan Hyundai Staria di pasar Indonesia. Namun, yang pasti, Hyundai H-1 di Indonesia memiliki penggemar tersendiri kendati tak sebesar merek asal Jepang.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di sepanjang Januari tahun ini penjualan ritel Hyundai H-1, sebanyak 23 unit. Pada saat yang sama, Toyota Voxy terjual sebanyak 166 unit dan Nissan Serena 30 unit.

Tampilan Hyundai Staria yang berbeda jauh dengan Hyundai H-1 – dok.Istimewa via cafe.naver.com

Artinya, MPV high Hyundai ini masih tertinggal oleh Toyota Voxy dan Nissan Serena. Meski demikian, dia masih unggul dibanding Peugeot 5 Series yang terjual sebanyak 11 unit dan Kia Sedona yang hanya terjual 6 unit.

Begitu pula dengan penjualan ke diler (wholesales) sepanjang dua bulan pertama, atau dari Januari hingga Februari. Di periode ini wholesales Hyundai H-1 sebanyak 30 unit, Toyota Voxy 114 unit, Peugeot 5 series 25 unit, dan Kia Sedona 8 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This