Tips Merawat Power Window Agar Fungsi Tetap Maksimal

Power Window – dok.Istimewa via RDR Auto Sales


Jakarta, Motoris
– Power window telah menjadi fitur di hampir semua mobil produksi terkini, karena memberikan kemudahan menaik-turunka kaca mobil (bagian depan), sehingga kenyamanan pun tercipta. Namun, kenyamanan itu akan hilang ketika power window itu tak berfungsi secara optimal karena macet yang disebutkan oleh terhambat kotoran atau motor penggeraknya tak berfungsi.

Menurut Kepala Mekanik Anugerah Motor, Kebon Nanas, Cikokol, Tangerang, Ali Usman, ada dua penyebab power window tak berfungsi optimal. Pertama, karena gerak naik-turun kaca yang tersendat akibat kotoran yang menempel di karet lis kaca.

“Atau karet lis yang sudah aus dan mengembang lalu mengeras, sehingga menjadikan lubang kaca di jendela mobil itu menyempit. Jika dibiarkan, akan berdampak ke motor power window, dan cepat aus. Sebab, motor akan bekerja ekstra keras sebab naik-turun kaca lebih berat karena tertahan oleh lis karet yang mengembang dan mengeras itu,” papar Ali saat ditemui di Kebon Nanas, Tangerang, Sabtu (3/4/2021).

Ilustrasi, perawatan motor power window mobil – dok.Youtube

Agar masalah seperti itu tak terjadi, dan power window mobil awet, Ali memberikan tips memperlakukan power window secara baik dan sekaligus merawatnya. “Untuk perlakuan, sebaiknya menggunakan power window secara benar. Misalnya, pada mobil-mobil baru untuk menutup kaca hingga penuh cukup dengan sekali tekan tombol saja. Jangan menekan tombol berlama-lama,”kata dia.

Kedua, periksa dan bersihkan secara rutin motor power window saban enam bulan sekali. Atau paling lambat setiap setahun sekali. Sebab, tidak menutup kemungkinan kotoran yang menempel di kaca mobil ikut luruh dan mengotori motor ketika kaca tersebut dinaik-turunkan.

“Kotoran yang menempel di motor bisa berpotensi mempengaruhi kerja motor, atau bahkan membuatnya cepat aus,” ucap Ali.

Membersihkan dan mengeringkan kaca mobil sebelum dinaik turunkan dengan menggunakan power window agar air dan kotoran tak masuk ke karet lis kaca di bibir rel kaca -dok.Istimewa

Ketiga, menjaga kebersihan kaca mobil dan lis karet kaca mobil. Untuk membersihkan kaca, cukup gunkana kain lembut yang lembab dan lap dengan arah menyamping ke kanan atau ke kiri, sehingga kotoran benar-benar hilang.

Kemudian untuk membersihkan karet lis kaca ( pada bibir rel naik-turunnya kaca mobil) dengan menggunakan penyedot debut atau menggunakan cairan silikon lalu lap dengan bersih. Dengan membersihkan kotoran ini, karet juga tidak cepat aus atau mengeras dan getas. (Dam/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This