PPnBM Tak Didiskon, Mitsubishi Gelar Program Khusus untuk Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021 – dok.MMKSI


Jakarta, Motoris
– Pemerintah telah memberikan insenrif relaksasi perpajakan dalam wujud pemangkasan tarif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil 4×2 dan 4×4 dengan kapasitas mesin 1.501cc – 2.500cc. Kebijakan ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31 Tahun 2021 yang diterbitkan dan mulai berlaku1 April 2021.

Di beleid yang diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani itu, juga disebutkan syarat untuk mendapatkan insentif tersebut mobil yang bersangkutan harus diproduksi di dalam negeri. Selain itu memiliki tingkat kandungan local (dalam bentuk local purchase) minimal 60%.

Sementara, mobil-mobil yang mendapatkannya ditetapkan Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021. Namun, ternyata, SUV Mitsubishi Pajero Sport tidak termasuk di dalam daftar penerima insentif itu.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, mengaku kecewa dengan keputusan pemerintah tersebut. Pasalnya, Mitsubishi Motor melalui PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) – yakni fasilitas manufaktur kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia – telah berusaha dengan maksimal untuk memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut.

Interior bagian depan Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021 – dok.Istimewa

“Oleh karena itu, kami memohon maaf kepada masyarakat atas tidak masuknya Mitsubishi Pajero Sport ke dalam daftar (skema pemangkasan tarif PPnBM) itu,” ujar Naoya dalam konferensi pers virtual yang digelar di Jakarta, Selasa (6/4/2021).

Namun, lanjut Naoya, masyarakat tak perlu risau dengan fakta tersebut. Pasalnya, sebagai penggantinya, MMKSI menggelar program penjualan yang memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi konsumen.

Program itu diberikan dalam berbagai rupa mulai dari cashback bernilai jutaan rupiah, tabungan emas, smart package yang memberikan keuntungan dalam biaya perawatan maupun operasi kendaraan, dan lain-lain. Semua program tersebut, jika dihitung-hitung manfaatnya tak kalah besar dengan diskon pajak.

Sebelumnya, saat dihubungi Motoris melalui pesan elektronik pada Jumat (2/4/2021), Naoya menegaskan mengatakan faktor tingkat kandungan lokal menjadi ganjalan bagi Mitsubishi Pajero Sport untuk masuk ke daftar penerima diskon PPnBM.

Fitur tailgate power Mitsubishi Pajero Sport facelift 2021 – dok.MMKSI

“New Pajero Sport tidak disertakan dalam program relaksasi PPnBM mobil 1.501cc – 2.500cc dikarenakan persentase kandungan lokalnya belum mencapai 60% sebagaimana disebutkan kriteria. tingkat kandungan lokal New Pajero Sport saat ini baru mencapai hampir 40%,” kata dia.

Penjualan Xpander dan Xpander Cross melejit
Berbeda dengan Pajero Sport yang tak mendapatkan insentif perpajakan, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross menikmati fasilitas itu, sejak 1 Maret lalu. Ketentuan yang ditetapkan pemerintah, melalui PMK Nomor 31 Tahun 2021, diskon PPnBM diberikan dalam tiga periode.

Pertama, pada periode Maret – Mei dengan potongan (diskon) hingga 100%. Kedua, Juni – Agustus dengan pemangkasan sebesar 50%. Ketiga, September – Desember dengan diskon 25%.

Menurut Sales & Marketing Director MMKSI, Irwan Kuncoro, kebijakan ini memberikan dampak yang sangat signfikan terhadap penjualan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross.

Ilustrasi, Mitsubishi Xpander Black Edition – dok.MMKSI

“Jika di tahun 2020, rata-rata penjualan per bulan keduanya (disatukan di segmen small MPV) sebanyak 2.100 unit sampai 2.200 unit, pada Maret (tahun 2021 ini) mencapai 4.500 unit, jadi mencapai dua kali lipat, jadi sangat signfikan. Ke depan akan terus kita tingkatkan,” papar dia di tempat dan kesempatan yang sama.

Kini permintaan kedua model itu membeludak. Dan untuk memenuhi permintaan dan konsumen bisa mendaoatkan harga terbaik di rentang waktu pemberian diskon PPnBM yang ditetapkan pemerintah, Mitsubishi Motor Indonesia akan mengimbangi dengan jumlah produksi.

Mitsubishi Xpander Cross – dok.Motoris

“Untuk itu kami akan meminta untuk peningkatan produksi (kepada MMKI), dan memprioritaskan produksi kedua model (Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross) untuk memenuhi permintaan di dalam negeri,” ujar Sales & Marketing Director MMKSI, Michimasa Kono di tempat yang sama. (Fer/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This