Setelah Versi 160 Sukses di India, Aprilia Kini Sodorkan Skutik SXR 125

Aprilia XSR 125 varian warna merah – dok.Istimewa via Autocar India


New Delhi, Motoris
– Setelah pada Desember tahun 2020 lalu meluncurkan skutik maxi Aprilia SXR 160, dan ternyata sukses membetot minat konsumen di India, kini Piaggio – perusahaan induk Aprilia – menyodorkan varian baru di jajaran skutik itu, yakni Aprilia SXR 125 di negeri itu. Bahkan, pemesanan skutik bermesin 125cc itu telah dibuka sejak Selasa (6/4/2021) kemarin.

Seperti dilaporkan laman Autocar India dan India Today, Rabu (7/4/2021), sepanjang masa pemesanan ini, harga Aprilia SXR 125 itu belum diumumkan. Banderol akan dimaklumatkan pada saat peluncuran resmi nanti, yang diperkirakan tak lama lagi.

Meski begitu – dengan mengutip sumber internal Piaggio India – media tersebut memastikan, skuter ini telah diproduksi di pabrik Baramati, yang berada di wilayah Pune, Maharashtra, India. “Skuter ini menggunakan basis Aprilia SXR 160 dengan mesin 125cc, yang berarti mulai dari bodywork hingga sasisnya sama dengan Aprilia 160,” tulis Autocar India.

Aprilia SXR 125 sudah menapak pasar India-dok.Istimewa

Mesin SOHC satu silinder berkapasitas 125 cc yang diusungnya, diklaim mampu menyemburkan tenaga hingga 9,4 hp pada putaran mesin 7.600 rpm dengan torsi 8,2 Nm. Mesin ini disebut-sebut sama dengan yang diusung oleh Aprilia SR 125 dan Aprilia Storm 125.

Fitur yang ditanam padanya hampir tak berbeda dengan yang disematkan pada Aprilia SXR 160. Mulai dari semua lampu LED (dan lampu depan diimbuhi Day Running Light atau DRL), port pengisian USB, cluster instrumen digital, shockabsorber yang bisa disetel sesuai dengan kebutuhan atau keadaan, hingga konektivitas Bluetooth opsional.

Bedanya, hanya pada perangkat sistem pengereman. Karena skutik ini bermesin 125 cc, maka hanya mendapat sistem pengereman Combi Brake System (CBS), tak ada Antilock Braking System (ABS) seperti di Aprilia SXR 160.

Skuter matik Aprilia SXR 125-dok.Istimewa

Laman Rushlane menulis, berbeda dengan skutik bergaya Maxi kekinian lainnya, Aprilia SXR 125 cenderung menampilkan footboard ceper. Di bagian belakang, dia mengusung sepasang lampu belakang LED dengan lampu sein yang terintegrasi.

Panel bodi mengadopsi grafis khas Aprilia yang meningkatkan tampilan skuter Maxi. Meski, sama dengan seniornya, Aprilia SXR 160. Begitu pula dengan joknya yang panjang dan lebar. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This