Resmi Meluncur di Korea, Hyundai Staria Dibanderol Mulai Rp 344 Juta

Hyundai Staria resmi meluncur di Korea dengan harga mulai Rp 344,25 juta-dok.Yonhap


Seoul, Motoris – Hyundai Motor Company (Hyundai), Selasa (13/4/2021) resmi meluncurkan MPV Hyundai Staria, dan penjualannya dimulai dua hari atau mulai 16 April nanti. Dia ditawarkan dalam dua versi, yakni versi MPV penumpang dan versi mobil kargo.

Seperti dilaporkan kantor berita Yonhap, Selasa (13/4/2021), versi kendaraan penumpang ditawarkan dalam tiga varian yakni varian tujuh kursi, sembilan kursi, serta varian dengan 11 kursi. “Sedangkan versi pengangkut kargo, dihadirkan dalam dua varian, yaitu varian tiga kursi dan lima kursi,” bunyi keterangan resmi yang dirilis Hyundai.

Hyundai membekali MPV Staria ini dengan mesin diesel berkapasitas 2.2 liter. Selain itu, ada pilihan bermesin Liquid Natural Gas (LNG) alias gas alam cair berkapasitas 3.5 liter.

Pabrikan membanderolnya mulai dari 27 juta won atau sekitar Rp 344,25 juta (kurs 1 won = Rp 12,75). Dan mobil pengganti dari Hyundai H-1 (atau Hyundai Starex) ini, merupakan model global, dan menyasar berbagai negara, kemungkinan besar juga Indonesia.

Tampilan Hyundai Staria yang berbeda jauh dengan Hyundai H-1 – dok.Istimewa via cafe.naver.com

Sinyal kemungkinan kehadiran Hyundai Staria di Tanah Air, muncul setelah Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Hyundai Staria nongol di sutus resmi kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) DKI Jakarta sejak beberapa waktu lalu. Di situs itu tertera, NJKB Hyundai Staria – dengan nama kode 2.2 2WD 8AT – memiliki rentang harga Rp395 juta hingga Rp 420 juta.

Adapun penjualan Hyundai H-1 di Indonesia (yang akan digantikan oleh Hyundai Staria) selama ini masih tertinggal oleh MPV pesaing di segmennya. Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, di sepanjang Januari tahun ini penjualan ritel Hyundai H-1, sebanyak 23 unit.

Pada saat yang sama, Toyota Voxy terjual sebanyak 166 unit dan Nissan Serena 30 unit. Artinya, MPV high Hyundai ini masih tertinggal oleh Toyota Voxy dan Nissan Serena. Meski demikian, dia masih unggul dibanding Peugeot 5 Series yang terjual sebanyak 11 unit dan Kia Sedona yang hanya terjual 6 unit.

Hyundai H-1 Royale Special Edition disuguhkan Hyundai Indonesia – dok.Istimewa

Begitu pula dengan penjualan ke diler (wholesales) sepanjang dua bulan pertama, atau dari Januari hingga Februari. Di periode ini wholesales Hyundai H-1 sebanyak 30 unit, Toyota Voxy 114 unit, Peugeot 5 series 25 unit, dan Kia Sedona 8 unit. (Fan/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This