Daihatsu Gran Max Masih Rajai Penjualan Pasar Minibus di Januari – Maret

Daihatsu Gran Max Minibus – dok.Istimewa


Jakarta, Motoris – Sepanjang kuartal pertama tahun 2021 ini – atau dari Januari hingga Maret lalu – peta persaingan di pasar minibus (baik untuk penumpang maupun barang atau blind van) tidak mengalami perubahan signifikan dibanding tahun 2020. Mobil andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yakni Daihatsu Gran Max masih menjadi minubus terlaris selama tiga bulan pertama tahun ini.

Data yang dihimpun Motoris dari catatan penjualan ke konsumen yang dilaporkan ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, selama tiga bulan pertama itu Daihatsu Gran Max minibus terjual sebanyak 2.881 unit. Jumlah itu berasal dari penjualan di bulan Januari yang sebanyak 868 unit, Februari 859 unit, dan Maret 1.154 unit.

Sementara, meski tercatat menjadi yang terlaris kedua, namun penjualan Suzuki APV tertinggal jauh oleh Gran Max. Minibus Suzuki itu mengoleksi angka penjualan ritel sebanyak 625 unit, yang dibukukannya pada Januari 211 unit, Februari 206 unit, dan Maret 208 unit.

Minibus Suzuki APV – dok.Motoris

Saudara Gran Max – yakni Daihatsu Luxio – menempati posisi ketiga dengan total penjualan ritel sebanyak 553 unit. Angka ini dikumpulkan dari penjualan selama Januari 160 unit, Februari 121 unit, dan Maret 272 unit.

Minibus besutan Dongfeng Sokon (DFSK) yang dijajakan oleh PT Sokonindo Automobile – yakni DFSK Gelora – mengantongi angka penjualan sebanyak 13 unit di periode tiga bulan pertama itu. Minibus yang diluncurkan pada November 2020 lalu ini, selama Januari mencatatkan penjualan sebanyak 6 unit, Februari 2 unit, dan Maret 6 unit.

DFSK-Gelora-minibus-dok.Istimewa

Sekadar pengingat di sepanjang tahun 2020 lalu, minibus Daihtasu Gran Max membukukan penjualan ritel sebanyak 10.179 unit, dan Suzuki APV 3.532 unit. Sementara, Daihatsu Luxio sebanyak 1.969 unit, dan DFSK Gelora 8 unit. (Ril/Ara)

CATEGORIES
TAGS
Share This